Update Corona Makassar

Bed Occupancy Ratio di Makassar di Bawah 60%

Pemerintah Sulawesi Selatan juga melakukan langkah strategis dalam hal perawatan dan penyembuhan pasien Covid-19.

Humas Pemprov Sulsel
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menerima kunjungan Tim Kemenkes yang dipimpin Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan, dr Pattiselanno Roberth Johan di Gubernuran Sulsel Jl Sungai Tangka Makassar, Kamis (16/8/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sinkronisasi upaya pengendalian Covid-19 dilakukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan mengunjungi salah satu dari delapan provinsi sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

Salah satunya Sulawesi Selatan mulai Rabu-Jumat (16-18/9/2020). Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menerima kunjungan Tim Kemenkes yang dipimpin Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan, dr Pattiselanno Roberth Johan di Gubernuran Sulsel Jl Sungai Tangka Makassar, Kamis (16/8/2020).

Pattiselanno mengatakan kunjungan ini dalam rangka penanggulangan Covid-19 dengan tiga arahan Presiden Jokowi, yaitu penurunan angka kasus baru, penurunan angka kematian, dan peningkatan angka kesembuhan.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut tim Kemenkes mengawali mengunjungi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo Makassar, RSUD Sayang Rakyat Makassar, RSUK Dadi Makassar, dan enam hotel duta wisata untuk melakukan koordinasi terkait penanganan Covid-19.

Pattiselanno mengatakan, Bed Occupancy Ratio (BOR) atau angka penggunaan tempat tidur di beberapa rumah sakit daerah di Makassar yang menangani Pasien Covid-19 juga rendah. BOR rumah sakit di bawah 60 persen.

Pemerintah Sulawesi Selatan juga melakukan langkah strategis dalam hal perawatan dan penyembuhan pasien Covid-19.

Yaitu semua pasien yang tersebar di kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dibawa ke Makassar untuk dirawat secara maksimal sampai sembuh.

"Sulsel menerapkan pola semua pasien yang positif itu dirawat di Makassar yang ada di beberapa rumah sakit yang digunakan dan Selain itu ada 6 hotel yang disiapkan untuk isolasi bagi pasien positif Covid-19 tapi tidak bergejala, dan saat ini dari enam hotel sekarang hanya terisi dua hotel," ujar Pattiselanno via rilis Humas Pemprov Sulsel, Sabtu (19/9/2920).

Terkait hasil pemantauan yang diperoleh Tim Taskforce Sulsel saat kembali melakukan kunjungan ke rumah sakit daerah di Makassar dan Rapat Koordinasi terkait ketersediaan atau kapasitas jumlah tempat tidur ada empat poin.

Pertama, RSUP Wahidin Sudirohusodo dalam kesiapsiagaan penanggulangan Covid-19 memiliki ruang isolasi dengan 126 tempat tidur.

Secara rinci terdapat 17 tempat tidur di ruang ICU, 21 tempat tidur di ruang isolasi tekanan negatif, dan ruang isolasi non tekanan negatif dengan 88 tempat tidur.

RSUP Wahidin Sudirohusodo juga melakukan pemeriksaan covid-19 dengan RT-PCR dan memiliki mesin TCM.

Kedua, RSUD Sayang Rakyat mempunyai ruang isolasi sebanyak 98 tempat tidur dan runag ICU sebanyak 6 tempat tidur dengan ventilator sebanyak 5 buah.

Mempunyai 1 ruang radiologi khusus Covid 19, 1 ruang ganti dan ruang pemulasaran jenazah.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved