Breaking News:

Pilkada Luwu Utara 2020

KPU Luwu Utara Putuskan Jadwal Khusus Pemeriksaan Kesehatan Thahar Rum

Setelah pengambilan sampel tersebut, kesehatan Thahar Rum tiba-tiba memburuk (sesak napas) dan dilarikan ke RS Siloam Makassar

TRIBUN TIMUR/CHALIK MAWARDI
Komisioner KPU Luwu Utara Divisi Teknis Hayu Vandy P 

 TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara memutuskan mengatur jadwal tahapan khusus pemeriksaan jasmani bagi Bakal Calon Bupati Muhammad Thahar Rum (MTR).

"Kami memutuskan untuk mengatur jadwal tahapan khusus pemeriksaan jasmani untuk bacalon Muhammad Thahar Rum. Dengan tetap mempertimbangkan jadwal tahapan verifikasi calon sampai penetapan pasangan calon tetap di 23 September nanti," ujar Komisioner KPU Luwu Utara Divisi Teknis Hayu Vandy P, Rabu (16/9/2020) malam.

Hayu menjelaskan, kronologi tahapan yang membuat Wakil Bupati Luwu Utara nyaris didiskualifikasi.

"Jadi pertama kami ingin jelaskan dahulu kronologi tahapan pemeriksaan kesehatan dari bacalon Bupati Luwu Utara Tahar Rum," tulis Hayu dalam keterangan tertulisnya.

"Pada tanggal 9 September di RS Wahidin Sudirohusodo beliau mengikuti tes psikologi. Mulai dari tes tertulis sampai tes wawancara. Malamnya mengikuti sosialisasi pemeriksaan jasmani serta pengambilan sampel urine untuk tes bebas Narkotika," jelasnya.

Setelah pengambilan sampel tersebut, kesehatan Thahar Rum tiba-tiba memburuk (sesak napas) dan dilarikan ke RS Siloam Makassar untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Berdasarkan koordinasi dengan tim pemeriksa yang merupakan gabungan IDI, HIMPSI, dan BNN juga dengan KPU Provinsi, kami pun bersurat ke KPU RI melalui KPU Provinsi untuk meminta petunjuk dan arahan untuk menyikapi masalah ini," katanya.

Dalam surat itu, KPU melampirkan kronologis dan surat keterangan perawatan dari RS Siloam serta surat keterangan tim pemeriksa.

Bahwa Thahar Rum tidak melanjutkan tahapan pemeriksaan jasmani dikarenakan kesehatannya memburuk.

"Perlu kami sampaikan disini bahwa ada situasi dan status berbeda dengan kasus bacalon yang terjadi di Barru dan Majene. Bahwa berdasarkan berita acara hasil kesimpulan dari tim pemeriksa status mereka jelas tidak memenuhi syarat," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved