Breaking News:

Tribun Bone

Percepat Hasil Swab di Bone, Mobil Combat PCR Covid-19 Sulsel Didatangkan

Juru Bicara Tim PPC-19 Kabupaten Bone, Yusuf menyebut, 134 sampel swab saat ini berada di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Soppeng.

Ist
Pendataan dilakukan Tim PPC-19 Kabupaten Bone kepada kontak erat yang akan dilakukan pengambilan swab di rumah singgah Politeknik Bajoe, Jumat (11/9/2020) 

TRIBUNBONE.COM, TANETE RIATTANG TIMUR - Tim Percepatan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), terus melakukan pelacakan kontak pasien positif Covid-19 di Bone.

Juru Bicara Tim PPC-19 Kabupaten Bone, Yusuf menyebut, 134 sampel swab saat ini berada di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Soppeng. Namun, hasilnya belum ada yang keluar.

Untuk hari ini, kembali dilakukan pengambilan sampel swab kepada 79 orang. Pengambilan swab dilakukan di rumah singgah Politeknik Bajoe.

Yusuf menerangkan ke-79 orang ini merupakan kontak tersisa dari pasien positif di Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bone, yang melakukan kegiatan di kecamatan.

Kemudian, kontak dari pasien positif Covid-19 di Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bone.

Terakhir, dari masyarakat yang melakukan rapid test dan hasilnya reaktif.

"Semua yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 dan hasil rapid test reaktif, kita arahkan untuk swab hari ini," katanya Jumat (11/9/2020).

Kali ini, kata Yusuf, dalam mempercepat keluarnya hasil swab didatangkan Mobile Combat PCR Covid-19 Sulsel.

"Hari ada kunjugan Tim Gugus Tugas Sulsel dengan Mobile Combat PCR Covid-19 Sulsel untuk pemeriksaan sampel swab secara langsung. Hasil swab akan diketahui kurang dari 4 jam," ucapnya

Mobile Combat PCR Covid-19 Sulsel akan berada di Bone selama dua hari.

Yusuf pun berharap dengan pemeriksaan ini bisa mempercepat hasil swab keluar sehingga pihaknya segera melakukan pelacakan.

"Pemeriksaan bisa lebih cepat sehingga pelacakan kontak juga bisa dapat dilaksanakan. Sehingga dapat memutus mata rantai Covid-19 di Bone," tuturnya.

Untuk diketahui, pasca nol kasus Covid-19 di Bone akhir Agustus lalu, kasus Covid-19 tiba-tiba melonjak drastis.

Hingga sekarang terdapat 104 orang positif Covid-19. Sebanyak 56 orang telah dinyatakan sembuh dan 48 orang masih menjalani perawatan dan isolasi.

Laporan Wartawan TribunBone.com, Kaswadi Anwar

Penulis: Kaswadi Anwar
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved