Breaking News:

CPNS 2021

NIK Sudah Diblokir, Daftar Orang-orang yang Kena Blacklist BKN hingga Tak Bisa Daftar CPNS 2021

Ada 287.965 orang yang sudah masuk dalam daftar hitam atau blacklist Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan tidak boleh lagi mendaftar CPNS 2021.

Tribunnews
ILUSTRASI-Peserta CPNS 2019 yang kedapatan pakai jasa joki akan kena sanksi BKN. NIK Diblokir hingga tak bisa daftar CPNS lagi 

TRIBUN-TIMUR.COM- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo memastikan pemerintah akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2021.

Namun, jumlah formasi CPNS 2019 yang akan dibuka akan terbatas pada formasi tertentu sesuai dengan kebutuhan pemerintah.

Terlebih sejumlah kementerian seperti Kementerian Keuangan tidak akan menambah pegawainya dalam beberapa tahun ke depan.

Salah satu formasi yang menjadi prioritas dalam seleksi CPNS 2021 adalah guru.

Tjahjo Kumolo menyebutkan, tahun depan akan terbuka untuk pengadaan 1 juta guru.

Seleksi ini tentunya terbuka bagi sarjana pendidikan maupun guru honorer yang ingin menjadi PNS.

"Kemudian pengadaan bidan, perawat, dokter itu lebih kurang 200.000 sekian. Penyuluh pertanian, penyuluh KB, penyuluh PU, dan semuanya harus ada," kata Tjahjo Kumolo dalam peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) di Solo, Jawa Tengah dikutip dari Kompas.com, Jumat (28/8/2020).

Menurut Tjahjo, untuk satu desa dan kecamatan harus ada aparatur sipil negara yang menjadi penyuluh. Kemudian juga aparatur kesehatan serta pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di masyarakat.

Mengenai penghapusan seleksi CPNS pada tahun ini, Tjahjo menjelaskan, semula pemerintah berniat fokus pada penyelesaian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K).

Namun ternyata, rencana penyelesaian itu juga malah terhambat dengan datangnya wabah Covid-19.

Halaman
123
Penulis: Desi Triana Aswan
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved