Breaking News:

Tribun Bantaeng

Aktivasi KTP dan Pengurusan Adminduk di Bantaeng Bisa Lewat Online, Begini Cara Aksesnya

Pelayanan online dihadirkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdik Capil) Kabupaten Bantaeng untuk mempermudah warga dalam mengurus (Adminduk).

Penulis: Achmad Nasution | Editor: Sudirman
Ist
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdik Capil) Kabupaten Bantaeng, Ali Imran 

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Aktivasi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan pengurusan Administrasi kependudukan (Adminduk) lainnya di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi-Selatan, dapat dilayani melalui online.

Pelayanan online dihadirkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdik Capil) Kabupaten Bantaeng untuk mempermudah warga dalam mengurus (Adminduk).

Kepala Dinas Disduk Capil, Ali Imran mengatakan, bagi warga yang akan mengativasi KTP tak perlu datang ke kantor cukup melalui Whatsapp sudah bisa dilayani.

"Selama ini masih banyak yang sudah terbit NIK nya tapi belum online, kalau kejadiannya begitu bisa dikirim melalui nomor Whatsapp," kata Imran, kepada Tribun Bantaeng.com, Sabtu, (29/8/2020).

Nomor Whatsapp Disduk Capil Bantaeng yang dapat dihubungi yakni, 0819 5344 3944 atau 0852 4285 3936 siap melayani 1x24 jam.

Selain untuk mengaktivasi KTP, nomor tersebut dapat dihubungi apabila ingin menyampaikan aduan atau untuk mendapatkan informasi terkait Adminduk.

Kemudian, untuk pengurusan Adminduk lainnya seperti, Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, akte kematian, Kartu Identitas Anak (KIA) dapat dilakukan melalui website http://disdukcapil.bantaengkab.go.id

"Kita juga ada website semua bisa dilayani, semua dokumen bisa di upload disitu apabila dokumen lengkap bisa di kasih kepastian kapan dokumen baru akan selesai," ujarnya.

Dalam website tersebut, warga harus memasukkan nomor telepon dan alamat email.

Melalui nomor telepon itu akan diinformasikan apabila Adminduk telah selesai dan filenya akan dikirim melalui alamat email anda.

"Dengan update terakhir aplikasi, disyaratkan ada nomor handphone aktif dan alamat email data kependudukan akan dikirim ke alamat email itu," jelasnya.

Dengan sistem online yang diterapkan, dia berharap setiap desa dan kelurahan agar menyediakan fasilitas untuk mendukung sistem online untuk mempermudah warganya.

"Jadi nanti kita akan berdayakan korduk untuk fokus melayani masyarakat agar semua dokumen kependudukan selesai di Desa. Cukup alokasikan anggaran sekitar Rp 50 juta sudah cukup membeli peralatan IT," tambahnya.

Laporan wartawan TribunBantaeng.com, Achmad Nasution

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved