Pelihara Burung Beo? Simak 7 Makanan yang Baik Dimakan dan 5 Makanan yang Beracun untuk Beo

Ingatlah bahwa beo bisa menjadi pemakan yang jorok, sehingga akan ada remah-remah makanan di dalam mangkuk airnya.

Editor: Ina Maharani
int
burung beo 

TRIBUN-TIMUR.COM  - Anda memiliki peliharaan burung beo ayai baru hendak memelihara?

Memilih makanan yang tepat untuk beo yang harganya lumayan mahal ini, tentunya penting.

Dilansir wikihow.com, memberi makan burung beo (nama ilmiah: psittacine) dengan menu makanan yang tepat sangat penting bagi beo untuk bisa panjang umur dan bahagia.

Bahkan, burung beo yang mengonsumsi makanan sehat dan seimbang akan lebih aktif dan cenderung memiliki bulu burung yang lebih bagus daripada burung beo dengan menu makanan yang tidak sempurna.

Anda mungkin sudah tahu bahwa burung beo menyukai biji-bijian, tetapi biji-bijian hanyalah salah satu komponen dari menu makanan burung beo yang baik.

Memiliki pemahaman yang baik tentang jenis makanan yang harus dikonsumsi burung beo akan membantu Anda membuat keputusan yang baik untuk menjaga kesehatannya.


Mempelajari Makanan untuk Burung Beo

1. Beri makan burung beo dengan pelet komersial. Pelet adalah komponen yang penting pada menu makanan burung beo. Pelet ini dijual dalam berbagai warna, ukuran, dan bahkan rasa.

Karena terbuat dari kombinasi buah-buahan, sayuran, gandum, dan biji-bijian, pelet memiliki kadar nutrisi yang tinggi.
Saat memilih pelet di toko peliharaan terdekat, pastikan Anda membaca label bahan-bahan pada kemasannya. Jangan memilih pelet yang mengandung banyak bahan pengawet.

Karena ada banyak jenis pelet, pertimbangkan untuk mendiskusikannya dengan dokter hewan mengenai formula pelet mana yang terbaik bagi burung beo.

2. Sertakan biji-bijian pada menu makanan burung beo. Meskipun tidak boleh menjadi bahan makanan pokok bagi burung beo, biji-bijian menyediakan kadar nutrisi yang baik bagi burung beo. Seperti halnya pelet, ada banyak formula biji-bijian yang bisa Anda pilih dari toko peliharaan.

Sangat ideal untuk membeli sebungkus campuran biji-bijian, tetapi Anda juga bisa membeli jenis biji-bijian tertentu dan mencampurnya sendiri.

Biji bunga matahari bersifat adiktif untuk burung beo, tetapi sebenarnya itu tidak benar.

Sebelum membeli, pastikan biji-bijian tersebut masih segar. Biji-bijian tidak boleh tercium apak atau tengik, dan harus terbebas dari serangga dan jamur. Biji-bijian yang baik juga harus bersinar.

Burung beo bisa saja lebih memilih biji yang sudah bertunas atau berkecambah.

Untuk mengecambahkan biji-bijian, rendamlah biji-bijian sebanyak satu porsi harian dalam air yang bersih dan segar semalaman, baik di suhu ruangan maupun di kulkas.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved