Subsidi Pemerintah

FIX Tertunda, Ini Jadwal Baru Transfer BLT Subsidi Rp 2,4 Juta untuk Pekerja & Honorer

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah membantah rumor yang menyebutkan bahwa program subsidi upah dibatalkan.

Shutterstock
Ilustrasi BLT Subsidi Rp 2,4 Juta untuk Pekerja & Honorer 

FIX Tertunda, Ini Jadwal Baru Transfer BLT Subsidi Rp 2,4 Juta untuk Pekerja & Honorer

TRIBUN-TIMUR.COM,- Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah membantah rumor yang menyebutkan bahwa program subsidi upah dibatalkan.

Namun pihaknya menargetkan bantuan langsung tunai (BLT) bagi pekerja/buruh dapat mulai ditransfer pada akhir Agustus 2020. 

Usai menghadiri acara peluncuran Senam Pekerja Sehat di Kawasan Berikat Nusantara, Jakarta Utara, Ida menuturkan bahwa pihaknya masih harus memastikan terlebih dahulu bahwa data calon penerima subsidi upah sudah tervalidasi dan terverifikasi.

 Sehingga program transfer dana dari pemerintah itu belum bisa dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

 

“Setelah data itu diverifikasi dan divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan, maka kami chek list, lalu kami serahkan ke KPPN, dan KPPN langsung dikirim ke bank-bank penyalur. Jadi tidak istilahnya dibatalkan,” katanya.

Ida menyebut masih terdapat 2 juta data nomor rekening yang belum masuk, sehingga ia mendorong pekerja yang belum menyerahkan data nomor rekening ke BPJS Ketenagakerjaan supaya segera memberikan. 

BPJS Ketenagakerjaan juga didorong untuk mengerahkan cabang-cabangnya agar perusahaan segera menyerahkan nomor rekening yang belum dimasukan.

Sementara itu perusahaan yang belum menyerahkan data rekening pekerjanya diingatkan supaya segera menyerahkan atau akan diberikan sanksi administrasi berupa teguran sampai pada penghentian pelayanan publik.

“Mekanisme penyaluran bantuan subsidi upah ini diberikan kepada pekerja/buruh sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan (Rp 2,4 juta) yang akan diberikan setiap dua bulan sekali. Artinya, satu kali pencairan, pekerja akan menerima uang subsidi sebesar Rp1,2 juta,” ujar Menaker Ida.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menteri Ida Sebut Transfer BLT Pekerja Atau Butuh Dilakukan Akhir Agustus

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved