Duit Negara untuk Influencer

Daftar Influencer Pemerintahan Jokowi Mulai dari El Rumi Anak Ahmad Dhani Hingga Gritte Agatha

Daftar influencer Pemerintahan Jokowi Mulai dari El Rumi Anak Ahmad Dhani Hingga Gritte Agatha

Editor: Mansur AM
instagram.com
El Rumi putra Ahmad Dhani dan Maia Estianty 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kata kunci influencer masih jadi Trending Google hingga saat ini.

Gara-gara ICW membongkar ratusan miliar uang Negara dihabiskan untuk membiayai influencer.

Sejumlah artis dalam dokumen resmi Negara dipakai sebagai influencer.

Mulai dari Gritte Agatha, El Rumi putra Ahmad Dhani dan Maia Estianty, serta Ali Syakieb. Instansi Kemendikbud yang dipimpin Nadiem Makarim paling wow.

Apa itu influencer?

Apa itu influencer? Diberitakan Kompas.com (21/8/2020), influencer adalah orang atau akun media sosial yang memiliki nama dan latar belakang jelas yang bertujuan menyebarkan informasi atau mendukung sesuatu isu atau orang.

"Jadi kalau misalnya akun tersebut memiliki nama dan real orangnya, contohnya selebritis atau profesi lainnya yang punya follower besar dan punya sikap atau preferensi untuk mendukung sesuatu atau tidak mendukung sesuatu maka bisa disebut dengan influencer," ujar pengamat media sosial Enda Nasution, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/8/2020).

"Dalam kategori influencer, mereka memiliki nama asli dan latar belakang yang jelas, misalnya orang-orang partai, politisi, orang bisnis, atau pengamat-pengamat politik, kita tidak bisa menyebut mereka sebagai buzzer, mereka adalah influencer yang punya preferensi dukung mendukung sesuatu isu atau orang," jelas Enda.

Berbeda halnya dengan buzzer.

Enda menjelaskan buzzer merupakan akun-akun di media sosial yang tidak mempunyai reputasi untuk dipertaruhkan.

" Buzzer lebih ke kelompok orang yang tidak jelas siapa identitasnya, lalu kemudian biasanya memiliki motif ideologis atau motif ekonomi di belakangnya, dan kemudian menyebarkan informasi," kata Enda.

Lembaga pemantau antikorupsi, Indonesia Coruption Watch atau ICW mengungkap, pemerintah telah menghabiskan Rp 90,45 miliar untuk aktivitas digital yang melibatkan jasa influencer.

"Total anggaran belanja pemerintah pusat untuk aktivitas yang melibatkan influencer mencapai Rp 90,45 miliar," kata peneliti ICW Egi Primayogha dalam konferensi pers, Kamis (20/8/2020).

Angka tersebut didapat dari hasil penelusuran ICW pada situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) sejumlah kementerian dan lembaga pada periode 2014-2018.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved