Breaking News:

Iduladha 1441 H

Pemkab Toraja Utara Bolehkan Salat Iduladha di Masjid, Jamaah Diminta Tak Bawa Anak Kecil

Pelaksanaan Salat Iduladha 1441 Hijriah/2020 di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan dilaksanakan di lokasi masjid masing-masing.

TRIBUN-TIMUR.COM/RISNAWATI
Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan bersama Wakil Ketua FKUB Toraja Utara, Bumbun Pakata saat penyerahan hewan sapi kurban di Masjid Besar Rantepao, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Sulsel, Kamis (30/7/2020) siang. 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Pelaksanaan Salat Iduladha 1441 Hijriah/2020 di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan dilaksanakan di lokasi masjid masing-masing.

Hal itu disampaikan Pemkab Toraja Utara setelah menerima surat edaran penyelenggaran Salat Iduladha dan Penyembelihan Hewan Kurban tahun 2020 Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 dari Menteri Agama RI.

Untuk diketahui, lebaran Iduladha 1441 H/2020 jatuh pada Jumat (31/7/2020).

"Pelaksanaan Salat Iduladha di masjid masing-masing namun tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19," ucap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Toraja Utara, Anugrah Yaya Rundupadang, Kamis (30/7/2020) siang.

Toraja Utara masih berstatus zona hijau pandemi Covid-19 sehingga bisa melaksanakan salat di masjid namun tetap mengikuti protokol kesehatan dikeluarkan pemerintah pusat dan daerah.

"Yaitu gunakan masker, atur jaga jarak, cuci tangan sebelum salat, tidak berkerumun setelah salat dan tidak membawa anak kecil dan lainnya," tuturnya.

Sekaitan pelaksanaan Salat Iduladha di masjid juga dibenarkan Ketua Badan Kemakmuran Masjid Besar Rantepao, H Bumbun Pakata.

Menurutnya, umat muslim dan jamaah Masjid Besar Rantepao melaksanakan Salat Iduladha di masjid dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Tetap di masjid seperti daerah lainnya dan diizinkan dari pemerintah bagi daerah berstatus aman dari Covid-19 seperti di Toraja Utara," tuturnya.

"Termasuk pula pemotong hewan kurban ada aturannya saat akan dipotong besok yang diperiksa terlebih dulu dari Dinas Peternakan," lanjutnya.(*)

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Penulis: Risnawati M
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved