Breaking News:

Administrasi Kependudukan

Warga Bantaeng Bisa Cetak Sendiri KK dan Akta Kelahiran Pakai Kertas HVS, Begini Prosedurnya

Untuk lebih mempermudah pengurusan administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran, warga juga sudah bisa mencetak sendiri.

TRIBUN-TIMUR.COM/ACHMAD NASUTION
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bantaeng, Ali Imran 

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Administrasi kependudukan di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan saat ini sudah menggunakan kertas HVS.

Untuk lebih mempermudah pengurusan administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran, warga juga sudah bisa mencetak sendiri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantaeng, Ali Imran mengatakan saat ini sudah menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) versi terbaru untuk lebih memudahkan pelayanan.

"Aplikasi SIAK Versi terbaru 7.3.4 sudah di update  untuk lebih mempermudah pelayanan kepada masyarakat, data pribadi kita bisa diprint dimana saja," kata Ali Imran kepada TribunBantaeng.com, Selasa (28/7/2020).

Ia menjelaskan, dalam aplikasi SIAK yang terbaru warga harus datang langsung dan memasukkan nomor telepon dan alamat email dalam mengurus administrasi kependudukan.

Tujuannya, ketika selesai dibuat oleh petugas Dukcapil maka semua data akan terkirim ke alamat email yang telah dimaksudkan sebelumnya.

Dan akan ada pemberitahuan yang kirim ke nomor telepon sesuai dengan yang dimasukkan di aplikasi SIAK.

"Setiap pengurusan Adminduk pertama nomor telepon dan alamat email untuk setiap pengurusan," jelasnya.

Administrasi kependudukan yang dikirim ke alamat email bisa dicetak sendiri kecuali, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Halaman
12
Penulis: Achmad Nasution
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved