Breaking News:

Pasar Properti

Manufaktur Sudah Ada Perbaikan Pasar, Pengusaha Properti Masih Belum Bangun, Fokus Jual Rumah Ready

Kinerja manufaktur global di Juni melanjutkan tren perbaikan yang mengindikasikan mulai pulihnya aktivitas ekonomi global.

TRIBUN-TIMUR.COM/SUKMAWATI IBRAHIM
Wakil Ketua REI Sulsel, Mustajab Mudji 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kinerja manufaktur global di Juni melanjutkan tren perbaikan yang mengindikasikan mulai pulihnya aktivitas ekonomi global.

Data Purchasing Managers Indeks (PMI) beberapa negara menunjukkan aktivitas manufaktur telah kembali menggeliat di bulan Juni, begitu pula Indonesia yang sudah meninggalkan titik terendahnya.

“Perekonomian di bulan Juni sudah ada beberapa hal yang menunjukkan pembalikan. Dan ini yang menjadi alasan untuk kita, untuk bisa terus berpacu meningkatkan sentimen dan tren positif ini,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat konferensi pers APBN KiTa bulan Juli 2020 secara daring dalam rilisnya ke tribun-timur.com, Minggu (26/7/2020).

Manufaktur adalah sektor yang banyak bergerak untuk bahan material untuk properti seperti besi, spandek, keramik, kayu, semen dan berbagai jenis produk lain yang menjadi material dan isi perumahan.

"Kami juga belum dapatkan informasi jelas karena sudah tiga bulan ini nggak belanja material karena tak ada pembangunan baru. Kami sekarang fokus ke penjualan unit yang ready saja," kata Wakil Ketua REI Sulsel, Mustajab Mudji.

Sementara itu, Ketua DPD Apersi Sulsel, Yasser Latief mengatakan, belum ada informasi juga terkait kenaikan harga dari manufaktur.

"Kami belum tahu juga karena belum ada pembangunan, kami juga masih sibuk menjual rumah yang masih stok," katanya.

Pengembang di Apersi sudah mencapai 151 pengembang di seluruh Sulsel.

"Kami sekarang mempunyai stock kurang lebih 3 ribuan rumah yang sudah terbangun, akibat pandemi ini belum tersalurkan," katanya.

Ia menjelaskan, kendala dari Apersi Sulsel adalah masalah kuota ini.(*)

Penulis: Muh. Hasim Arfah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved