Tribun Toraja Utara

Dispora Toraja Utara Launching Gerakan Cinta Budaya

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga melaksanakan launching Gerakan Cinta Budaya (Garda Cinta Budaya).

Diskominfo SP Toraja Utara
Sekda Rede Roni Bare Launching Gerakan Cinta Budaya (Garda Cinta Budaya) di gedung Art Center Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga melaksanakan launching Gerakan Cinta Budaya (Garda Cinta Budaya).

Bertempat di gedung Art Center Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pembentukan Garda Cinta Budaya bertujuan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Toraja Utara dalam hal melestarikan budaya, salah satunya melakukan kegiatan pelatihan seni tari daerah bagi pemuda.

Sekretaris Daerah (Sekda) Toraja Utara Rede Roni Bare hadir sekaligus membuka acara launching dan pelatihan.

Kepala Dispora Toraja Utara, Harli Patriatno membawakan sambutan menyampaikan, Garda Cinta Budaya merupakan inovasi pengembangan potensi, kreativitas dan karakter pemuda dengan penanaman nilai luhur, kearifan lokal melalui promosi dan internalisasi nilai budaya Toraja.

"Upaya ini akan kita tempuh melalui promosi dan internalisasi nilai seni dan budaya serta pelatihan tari bagi pemuda yang berasal dari daerah serta melibatkan seniman setempat," ujar Harli dalam rilis, Selasa (30/6/2020) pagi.

Lanjutnya, sehingga pemuda selain terampil jenis tariannya juga dapat memahami nilai, makna dan filosofi tarian tersebut.

Sementara Sekda Rede Roni Bare mengatakan, kegiatan memiliki nilai positif, dimana melibatkan para pemuda merupakan generasi penerus dalam pengembangan kebudayaan yang ada di Toraja.

"Kegiatan seperti ini merupakan sebuah gerakan mengajak kepada lapisan masyarakat khusunya pemuda untuk mencintai serta melestarikan budaya kita," terangnya.

Lanjut Rede Roni mengatakan, perlu ada regenerasi dan demi tercapainya regenerasi dalam hal budaya, maka perlu upaya dari kita semua untuk mulai menanamkan rasa kepedulian dan cinta kita terhadap budaya, terutama tarian daerah.

"Pemuda saat ini harus lebih aktif dan produktif dalam hal pengembangan dan pelestarian budaya yang sesungguhnya tarian serta budaya Toraja setara dengan kebudayaan daerah lain, bahkan mungkin lebih," tambahnya.

Rede Roni berharap maka sudah sepatutnya kita bangga dan mencintai budaya kita sendiri.

Sekedar diketahui tujuan Garda Cinta Budaya dibagi dalam tiga jangka yaitu jangka pendek, menengah dan jangka panjang bertujuan akan dicapai adalah terwujudnya media ekspresi seni dan budaya Toraja berupa pekan budaya pemuda serta berkembangnya potensi, kreativitas, karakter dan ketahanan budaya Toraja.

Launching turut dihadiri beberapa pejabat Eselon II dan III, Camat Rantepao, Tokoh Masyarakat, KNPI Toraja Utara serta pecinta seni dan budaya yang ada di Kabupaten Toraja Utara.

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Penulis: Risnawati M
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved