Tribun Makassar

MOU Bareng Ombudsman, Disdik Makassar Optimis PPDB Digelar Profesional

Namun sebelum pelaksanaannya, Disdik Makassar terlebih dulu melakukan penandatanganan pakta integritas dengan Ombudsman Makassar

MOU Bareng Ombudsman, Disdik Makassar Optimis PPDB Digelar Profesional
saldi/tribun-timur.com
Seksi Pendidikan Makassar, Amalia Malik Hambali

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Dinas Pendidikan Kota Makassar, memastikan bahwa Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 digelar 1 Juli.

Namun sebelum pelaksanaannya, Disdik Makassar terlebih dulu melakukan penandatanganan pakta integritas dengan Ombudsman Makassar, serta Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) per kecamatan di Makassar.

Acara yang digelar di Aula Disdik Makassar Jl Anggrek, Kota Makassar ini dihadiri langsung Plt Kepala Dinas Pendidikan Amalia Malik Hambali, Direktur LPMP Sulsel, Abdul Halim Muharram, dan Ketua Komisioner Ombudsman Makassar, Ihwan Patiroy.

Menurut Amalia, dengan pelibatan lembaga independen dan forum kepala sekolah ini, tentu menghadirkan PPDB secara transparan dan profesional.

Ketua Komisioner Ombudsman Makassar, Ihwan Patiroy mengatakan, Ombudsman merupakan lembaga yang bertujuan untuk mengawasi jalannya proses pelayanan publik.

Salah satu layanan publik, yakni pada pelaksanaan PPDB. Ombudsman Makassar melaksanakan pengawasan PPDB sejak tahun sebelumnya.

"Lima asas yang dikedepankan dalam pengawasan. Non diskriminasi, tranparansi, objektif, akuntabel dan berkeadilan," ujarnya.

Di kesempatan itu juga, Plt Kadis Pendidikan Makassar Amalia Malik menjelaskan kondisi daya tampung sekolah.

Jumlah calon peserta didik jenjang SMP mencapai 23.408 orang.

Sementara total estimasi kursi yang tersedia pada SMP negeri hanya sebesar 13.806 kuota. Alhasil, ada 9.602 calon siswa SMP negeri yang tak bisa tertampung.

"Jadi sekolah swasta diharapkan melakukan back up agar semua anak bisa sekolah," kata Amalia.

PPDB dilaksanakan mulai 1-3 Juli 2020 untuk jalur non zonasi. Jalur ini terdiri dari tiga bagian, yakni jalur prestasi, affirmasi, dan perpindahan.

Hasil pendaftaran tersebut akan diumumkan pada tanggal 4 Juli yang kemudian dilanjutkan pada tahapan pendaftaran ulang di tanggal 5-6 Juli 2020.

Sementara untuk pendaftaran jalur zonasi akan berlangsung pada tanggal 6-7 Juli dan diumumkan di 8 Juli 2020. Lalu, pendaftaran ulang jalur zonasi dilaksanakan pada 9-11 Juli.

Laporan wartawan Tribun Timur, Saldy

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved