Longsor di Poros Palopo Toraja

Ini Tiga Jalan Alternatif ke Toraja Pasca Longsor di Poros Palopo

Bencana alam longsor terjadi di Jalan Poros Palopo-Toraja hingga menutupi akses ke wilayah Toraja.

TRIBUN-TIMUR.COM/RISNAWATI
Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Bencana alam longsor terjadi di Jalan Poros Palopo-Toraja hingga menutupi akses ke wilayah Toraja.

Diketahui, longsor terjadi jalan poros Palopo-Toraja tepatnya di kilometer 24, Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) belum lama ini.

Setelah dikunjungi langsung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono maka akan ditindaklanjuti pembuatan jembatan gantung sepanjang 120 meter.

Jembatan itu akan dilalui untuk sementara bagi pengendara motor dan pejalan kaki.

"Untuk sementara kita akan bangun jembatan gantung. Besok (hari ini) sudah mulai dikerjakan," kata Basuki, Minggu (28/6/2020).

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, Senin (29/6/2020) mengatakan, ada jalan alternatif yang bisa dilalui saat akan ke Toraja Utara dan Tana Toraja sehingga ia telah perintahkan jajarannya agar menyiapkan posko di tiga jalan alternatif.

"Kami masih terus kordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR dan Pemprov Sulsel yang dimana akan diusahakan pembangunan jembatan sementara untuk pengguna jalan kaki dan pengendara motor," tuturnya.

Jalur alternatif yang dimaksud yaitu Batusitanduk-Sangkaropi- Rantepao (Toraja Utara), Batusitanduk-Lilikira-Rantepao, dan Bua (Luwu)-Rantebua-Rantepao.

"Sudah diperintahkan BPBD agar membuat posko sementara di lokasi tiga jalan alternatif itu, terutama posko kesehatan pemeriksaan Covid-19," lanjutnya.

Aelain pemeriksaan Covid-19 juga dibantu perkuat penjagaan dari pihak TNI-Polri dan anggota Satpol PP Toraja Utara bekerjasama pihak puskesmas di wilayah perbatasan jalan alternatif.

Dijelaskan pula bahwa beberapa korban terdampak di lokasi longsor adalah perantau Toraja yang sudah lama berjualan di jalan poros Palopo-Toraja berasal dari Kecamatan Buntao, Nanggala dan Baruppu.

"Jalan provinsi yang sementara dalam proses menghubungkan Rantepao-Rantebua-Luwu juga dipercepat untuk mempermudah akses transportasi," tuturnya.(*)

Laporan Wartawan Tribuntoraja.com, @cinnank17

Penulis: Risnawati M
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved