Breaking News:

Mandi Wajib

Tata Cara Mandi Wajib Bagi Perempuan yang Telah Haid, Lengkap Niat dan Bacaan Doanya

Seorang Muslim, khususnya kaum perempuan atau Muslimah, setelah mengalami masa haid, diwajibkan untuk mandi wajib.

Think Stock
ILUSTRASI 

TRIBUN-TIMUR.COM - Seorang Muslim, khususnya kaum perempuan atau Muslimah, setelah mengalami masa haid, diwajibkan untuk mandi wajib.

Haid merupakan proses alamiah tubuh ketika terjadi peluruhan pada dinding rahim karena tidak ada ovulasi atau proses pembuahan. Proses ini adalah fitrah bagi kaum hawa.

Perempuan yang sedang haid dianggap memiliki hadas besar. Oleh sebab itu, mereka yang sedang mengalami menstruasi diharamkan membaca Al-Qur'an, menyentuh atau membawa mushaf Al-Qur'an, salat, berdiam diri di masjid, berhubungan suami istri, serta tawaf mengelilingi Ka'bah.

Mandi wajib merupakan proses pembersihan fisik yang sifatnya wajib bagi seorang Muslim. Tujuannya adalah untuk membersihkan tubuh dan mensucikan diri dari hadas besar.

Tata cara mandi wajib pun sudah ada khaidahnya sendiri, jadi harus dilakukan dengan benar sesuai dengan ajaran Islam. Ketika hendak melaksanakan shalat, muslim harus berwudhu terlebih dahulu sebagai cara untuk menghilangkan hadas kecil.

Sementara ketika junub, selesai haid, dan nifas, mereka harus mandi wajib sebelum melakukan ibadah. Melaksanakan mandi wajib bukan sekedar mandi biasa, namun memiliki tata cara dan amalan yang harus dilakukan.

Berikut ini tata cara mandi wajib setelah haid yang benar dan sesuai dengan ajaran Islam telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

Dasar hukum tentang mandi wajib

Karena tak ada manusia yang terbebas dari hadas besar, maka sudah sewajarnya jika Anda harus mengetahui tata cara mandi wajib yang benar.

Allah SWT berfirman, "Dan jika kamu junub, maka mandilah." (QS. Al Maidah: 6). Kemudian dalam surat lainnya Allah SWT juga menyuruh Muslim mandi wajib jika dalam keadaan junub.

Halaman
1234
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved