Breaking News:

IKA Unhas

IKA Unhas NTB Inisiasi Gerakan Tanam Pohon dan Bersih-bersih Sampah

Kegiatan ini dalam rangka bakti sosial IKA Unhas NTB, sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia, 5 Juni 2020.

Ist
Pengurus IKA Unhas NTB melakukan penanaman 100 pohon di Jl Bypass Mataram, Lombok Barat, dan Clean Up On Road dari sampah, Jumat (18/6/2020) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MATARAM - Pengurus IKA Unhas Nusa Tenggara Barat (NTB), melakukan penanaman 100 pohon di Jl Bypass Mataram, Lombok Barat, dan Clean Up On Road dari sampah, Jumat (18/6/2020).

Kegiatan ini dalam rangka bakti sosial IKA Unhas NTB, sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia, 5 Juni 2020.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan Provinsi NTB, Balai Jalan PUPR Provinsi NTB, Kodim Lobar 1606, Pecinta Sepeda Ontel, Satgas Kebersihan LH Dislhk NTB, dan Partisipan lainnya.

Ketua IKA Unhas NTB, Ahmad Fathoni mengatakan, kegiatan penanaman pohon bertujuan untuk penghijauan, penyerap karbon monoksida, dan penghasil oksigen untuk pernapasan.

"Ini juga peneduh bagi pengguna jalan serta memperindah lingkungan menjadi tampak hijau, segar dan berbunga saat musim bunga," ucapnya dalam rilis.

Ia mengatakan, jenis pohon yang ditanam antara lain sebagai pilihan yang tepat, yaitu jenis pohon eksotik, berbunga, peneduh jalanan, dan penyerap CO2.

"Tanamnya berupa pohon Bunga Tabebuya Warna Kuning dan Pohon bunga Tabebuya warna Merah Pink daun lebar/ Sakura Jepang sebanyak 30 pohon, Ketapang Kenanga sebanyak 50 batang," katanya.

"Selain itu, Eucalyptus 20 pohon dengan jumlah pohon 100 batang ditanam dengan jarak tanam 5 x 5 meter dan 5 x 7 meter, ajir dan menggunakan Water Jelly agar tanaman dapat tumbuh dengan kondisi minimum air," pungkasnya.

Ia mengajak masyarakat untuk ikut melestarikan lingkungan.

"Mari bersama-sama menjaga alam dan lingkungan sebagai warisan baik untuk anak cucu kita. Satu pohon sejuta manfaat," tutupnya.

Tampak hadir di kegiatan ini antara lain Ketua IKA Alumni Unhas NTB Ahmad Fathoni, Sofwan Hakim, Rusman, Furqon, Fathul, Muslim, Chia. (tribun-timur.com)

Laporan Wartawan tribun-timur.com @Fahrizal_syam

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved