Tribun Sulbar

Kunjungi Pulau Bala-Balakang Bersama Gubernur, Menteri Kelautan Puji Potensi Laut Sulbar

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, melakukan kunjungan kerja ke Pulau Bala-balakang, Sulawesi Barat, Senin (8/6/2020).

Pemprov Sulsel
Sekprov Sulbar Muhammad Idris jemput Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo di Bandara Tampa Padang Mamuju. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, melakukan kunjungan kerja ke Pulau Bala-balakang, Sulawesi Barat, Senin (8/6/2020).

Kunjungan menteri Kelautan ke Bala-balakang didampingi langsung Gubernur Ali Baal Masdar bersama jajaran Forkopimda.

Edhy Prabowo mengatakan ada tiga potensi besar dimiliki Sulawesi Barat sudah menjadi peluang strategis untuk dikembangkan. Yakni jumlah ikan, terumbu karang, dan potensi budidaya ikan tawar maupun laut.

"Jadi tidak ada alasan lagi ke depannya tidak semangat untuk mengelola perikanan di Sulbar,"kata Edhy Prabowo usai mendengarkan paparan persentase dari Sekprov Muhammad Idris di Bandara Tampa Padang Mamuju.

Menurutnya membangun sektor perikanan dan kelautan harus dengan kemampuan yang kita miliki daerah terlebih dahulu.

"Kedepannya kita pelan-pelan melakukan penguatan sektor kelautan dan perikanan memalui dukungan negara berupa stimulus tanpa menunggu APBN perubahan. Mudah mudahan anggaran yang ada bisa kita share ke Sulawesi Barat untuk budidaya, tetapi jika APBN belum cukup kita bisa bekerjasama dengan pihak swasta. Tolong dicatat hal-hal yang urgen dulu,"imbuhnya.

Dia mengatakan permasalahan yang kerap muncul adalah persoalan perizinan, padahal tambak-tambak yang ada saat ini tidak seharusnya memiliki izin.

"Dengan semangat warga untuk bertambak saja itu sudah bagus, artinya ada investasi yang berjalan dan produksi yang berlangsung, baru setelah itu kita kenakan pajak,"ucapnya.

"Kita tetap harus memegang teguh tentang amdal, tetapi jangan jadikan amdal sebagai modus, intinya adalah pembinaan,"sambungnya.

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris juga mengatakan potensi yang ada di Pulau Balabalakang sangat menjanjikan.

"Berbagai potensi pengembangan budidaya perikanan jaring apung, perikanan tangkap, dan potensi wisata bahari sangat luar biasa,"kata Idris.(tribun-timur.com)

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved