Breaking News:

Update Corona Maros

CSR GMTD dan RS Siloam, Rapid Test 250 Personel Lanud Sultan Hasanuddin

RS Siloam Makassar dan PT Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) Tbk menggelar rapid test bagi 250 personel Lanud TNI AU Sultan Hasanuddin.

TRIBUN-TIMUR.COM/MUH ABDIWAN
Suasana penyerahan sumbangan 250 alat rapid test oleh Rumah Sakit (RS) Siloam Makassar dan PT Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) Tbk bagi 250 Personil Lanud TNI AU Sultan Hasanuddin, Selasa (9/6/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Rumah Sakit Siloam Makassar dan PT Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) Tbk menggelar rapid test bagi 250 personel Lanud Sultan Hasanuddin.

Bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) GTMD dan Siloam ini berlangsung sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Gedung Serbaguna Lanud Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (9/6/2020).

Rapid test massal ini dihadiri Komandan Lanud Sultan Hasanudin, Marsekal Pertama TNI H Haris Haryanto S I P, Direktur RS Siloam Makassar dr Herry Bertus, Associate Director Tanjung Bunga M Harrys H.

Komandan Lanud Sultan Hasanudin, Marsma TNI H Haris Haryanto S I P mengatakan, pihaknya menghargai inisiatif dan kerja sama dengan pengembangTanjung Bunga dan RS Siloam sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan, terutama di masa krusial ini.

"Kami berharap, dukungan ini dapat membantu mengendalikan penyebaran Covid-19 khususnya terhadap jajaran kami di Lanud Sultan Hasanuddin. Apabila ada tindakan medis yang diperlukan pasca tes, akan dapat segera dilakukan dan dengan demikian dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 ini," tuturnya.

M Harrys mengatakan, GMTD ingin turut berkontribusi terhadap pencegahan Covid-19 ini.

"Bisnis properti juga sangat tedampak pandemi Corona. Olehnya itu melalui program CSR, GMTD menunjukkan kepedulian dengan harapan pandemi ini segera berakhir," katanya.

Sementara itu, Herry Bertus mengatakan, Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanudin berperan besar menghadapi pandemi covid-19.

"Sebagai garda terdepan dalam kelancaran pelayanan penerbangan, dan logistik melalui udara khususnya di Sulawesi Selatan dan sekitarnya, RS Siloam maupun GMTD menerima dengan baik permintaan rapid test Covid-19 terhadap 250 personil TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin," katanya.

Menurutnya, untuk mencegah peningkatan jumlah kasus Covid-19, sangat penting dilakukan deteksi awal melalui testing yang cepat baik melalui antibody rapid test.

"Deteksi dini ini memungkinkan pemberian perawatan tepat waktu, khusus pada titik awal serangan Covid-19, sebelum serangan dasyat terjadi terhadap paru paru, pada akhirnya deteksi dini dan tepat waktu akan meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi angka kematian," jelasnya.

Mendukung pemerintah menangani Covid-19, RS Siloam telah meningkatkan 30 persen kapasitas jumlah tempat tidur dan sepenuhnya mengoperasikan RS Darurat Rujukan.

Tidak hanya itu, Laboratori RS Siloam mendukung dorongan pemerintah meningkatkan kapasitas Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

"Testing dengan menjalankan empat mesin PCR dengan kapasitas berjalan sampai dengan 576 sampel pasien per hari. Tujuan utama testing para dokter, perawat dan pekerja medis di lapangan," tuturnya. (*)

Laporan Wartawan Tribun Timur @umhaconcit

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved