Bank Sampah

Tinjau Bank Sampah Paccerakkang, Pj Wali Kota Makassar Kagumi Pengelola

Hal ini disampaikan Yusran saat kunjungan di Kantor Bank Sampah Pusat Paccerakang, Sabtu (30/5/2020).

TRIBUN TIMUR/SALDI IRAWAN
Kunjungan Yusran Jusuf di Bank Sampah Paccerakkang. 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Penjabat Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf, mengapresiasi upaya masyarakat yang dilakukan secara mandiri dalam mengelola sampah rumah tangganya.

Hal ini disampaikan Yusran saat kunjungan di Kantor Bank Sampah Pusat Paccerakang, Sabtu (30/5/2020).

Yusran terdecak kagum melihat aktivitas Bank Sampah, yang bisa menghasilkan uang. Sampah pilahan plastik, membuat para pengelola Bank Sampah bisa meraup untung dari sampah rumah tangga.

Terkait dengan ini, ia pun berharap agar masyarakat terus menjalankan program tersebut.

Begitu pula dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, menurut Yusran OPD yang membawahi UPTD bank sampah pusat agar melakukan pelayanan dengan baik kepada masyarakat.

"Ini harus di perhatikan ini, apa yang menjadi kebutuhan mereka kiranya dinas yang bersangkutan harus tanggap," katanya, dalam keterangan rilis Pemkot Makassar, Minggu (31/5/2020).

PLT Kepala dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Andi Iskandar di sela-sela kunjungan walikota, mengatakan saat ini UPTD bank sampah pusat Makassar setiap bulan melayani 100 hingga 200 bank sampah unit RW yang tersebar di semua kecamatan kecuali kecamatan sangkarrang.

Pihaknya harus menyiapkan uang puluhan hingga ratusan juta per bulan untuk membeli sampah dari masyarakat melalui bank sampah unit.

"Kita berharap, kegiatan pemilahan sampah di masyarakat tetap dilakukan, sehingga kami di dinas LH bisa memfasilitasi mereka dalam hal penjemputan dan pembelian sampah an organik,” ujar Iskandar.

Pada kesempatan tersebut, Pj walikota menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi pekerja bank sampah.

Bantuan simbolis diserahkan kepada perwakilan bank sampah ini merupakan bantuan dari kementrian lingkungan hidup dan kehutanan RI.

Jumlah yang diserahkan khusus di Makassar adalah 350 paket.

Penulis: Saldy Irawan
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved