Tribun Mamuju

Soal Dana Perawatan Pasien Covid-19, Begini Penjelasan Direktur RSU Regional Sulbar

"Kalau mau rinciannya per pasien, saya tidak tahu persis. Banyak pasien yang dibiayai rumah sakit, yang jelas biaya perawatan semua ditanggung negara,

TRIBUN TIMUR/NURHADI
Direktur RSU Regional Sulbar dr Indahwati Nursyamsi. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Direktur RSU Regional Sulawesi Barat, dr Indahwati Nursyamsi, mengaku tidak mengetahui persis rincian biaya perawatan pasien positif dan PDP Covid-19.

"Kalau mau rinciannya per pasien, saya tidak tahu persis. Banyak pasien yang dibiayai rumah sakit, yang jelas biaya perawatan semua ditanggung negara,"kata dr Indah kepada Tribun-Timur.com, via whatsapp, Minggu (31/5/2020).

Dia mengatakan, besar atau tidaknya biaya perawatan pasien sangat tergantung pada gejala klinis yang muncul dari pasien,.

Apabila gejala klinis banyak, maka biaya perawatan juga tinggi.

"Ada pasien Covid-19 dengan penyakit bawaan jantung, kita obati dua-duanya. Obati virus corona, obati juga penyakit jantungnya, ada juga sakit paru, jadi dua-duanya diobati,"pungkasnya.

Pihaknya telah menerima tahap pertama dana penanganan Covid-19 dari Anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) APBD sebesar Rp 300 Juta.

"Tahapa kedua Rp 11 miliar, dari hasil refocusing anggaran, itu sudah masuk semua. Sudah ada untuk perbaikan sarana dan prasarana rumah sakit," ujarnya.

Selain itu, pembelian obat-obatan, biaya makan minum pasien dan tenaga medis dan biaya perawatan. Termasuk insentif tenaga medis.

Kata dr Indah, kabarnya masih akan ada tahap ketiga untuk dana penanganan Covid-19. Namun, dia mengaku tidak tahu persis berapa besarannya.

"Masih akan ada tahap ketiga, karena kita memang banyak membutuhkan dana, itu sudah termasuk semua biaya penginapan khusus bagi para tenaga medis Covid-19,"tuturnya.(tribun-timur.com).

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp

Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur

(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved