Kapal DLU Bantu Evakuasi ABK Jeneponto dari Baubau ke Makassar

Enam ABK tersebut, berhasil dievakuasi ke Kota Baubau, Rabu (27/5/2020), sekitar pukul 19.00 Wita, oleh kapal tanker Alice XXV.

fadli/tribun
Kapal Motor (KM) Dharma Ferry 3 milik Dharma Lautan Utama (DLU) yang dinahkodai Capten Mujur andil dalam membantu memulangkan Anak Buah Kapal (ABK) Bunga Rosia GT27 yang tenggelam diperairan wilayah Kecamatan Kabaena. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kapal Motor (KM) Dharma Ferry 3 milik Dharma Lautan Utama (DLU) yang dinahkodai Capten Mujur andil dalam membantu memulangkan Anak Buah Kapal (ABK) Bunga Rosia GT27 yang tenggelam diperairan wilayah Kecamatan Kabaena.

Enam ABK tersebut, berhasil dievakuasi ke Kota Baubau, Rabu (27/5/2020), sekitar pukul 19.00 Wita, oleh kapal tanker Alice XXV.

Dari rute Baubau itulah kemudian kapal milik DLU memulangkan ABK ini hingga kemudian diserahkan ke Kepala Pelabuhan Jeneponto Irwan, Jumat (29/5/2020), di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.

Keenam ABK tersebut, Asri (34), Nakhoda, Ferdi (19), ABK, Kadir (44), ABK, Iwan (28), ABK, Sudi (21), ABK dan Liwan (35), ABK.

Kepala Cabang DLU Makassar, Budiono mengatakan, tentu pihaknya merasa terpanggil untuk membantu ABK asal Jeneponto yang kapalnya tenggelam ini, apalagi mereka tujuannya untuk dipulangkan ke kampung halamannya melalu Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.

Dia menjelaskan, selama masa perjalanan tersebut pihaknya memperlakukan khusus para ABK tersebut, apalagi mereka masih trauma atas kejadian yang menimpanya.

“Kami ambil ABK tersebut dari Pelabuhan Baubau, lalu dibawa kesini (Makassar). Selama dikapal segala kebutuhan mereka dipenuhi mulai dari makan sampai pemeriksaan kesehatan, tujuannya agar ketika tiba kondisinya sudah membaik,” ujarnya via rilisnya, Jumat sore.

Dia menuturkan, usai tiba di Makassar, ABK tersebut diserahkan langsung ke pihak Syahbandar Makassar dan pihak Pengelola Pelabuhan Jeneponto.

“ABK tersebut sudah diberangkatkan ke Jeneponto, mereka rencananya akan diterima oleh Bupati disana dan sudah ditunggu keluarganya,” katanya.

Sementara itu, mewakili pihak Syahbandar Makassar, Triono S Pel meyampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah turut membantu proses evakuasi hingga pemulangan ABK terutama manajemen PT Dharma Lautan Utama dimana atas bantuannya bisa sampai dengan selamat tiba di pelabuhan pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved