Industri Media Minta 7 Insentif ke Pemerintah Demi Bertahan di Tengah Pandemi Virus Corona/Covid-19

Industri media minta 7 insentif kepada pemerintah bemi bisa bertahan di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19.

DOK
Kampanye media massa Indonesia untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Industri media minta 7 insentif kepada pemerintah bemi bisa bertahan di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Industri media minta 7 insentif kepada pemerintah bemi bisa bertahan di tengah pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Apa ketujuh insetif itu?

Pandemi Virus Corona atau Covid-19 telah memberikan dampak signifikan terhadap kinerja usaha di berbagai sektor industri, tidak terkecuali industri media.

Asosiasi perusahaan media dan asosiasi profesi media meminta adanya tindakan konkret oleh pemerintah untuk membantu industri media, para wartawan dan seluruh pekerja media yang terdampak oleh krisis akibat pandemi Covid-19.

Asosiasi tersebut, terdiri Serikat Penerbit Pers (SPS), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Forum Pemred, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Pewarta Foto Indonesia (PFI) dan Asosiasi Televisi Jaringan Indonesia (ATVJI) serta Dewan Pers.

Oleh karenanya, anggota Dewan Pers Agus Sudibyo mendorong pemerintah untuk memberikan insentif bagi industri media.

"Dengan ini mendorong pemerintah untuk menaikkan stimulus di luar stimulus ekonomi sebesar Rp 405 triliun yang sudah diputuskan pemerintah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (14/5/2020).

Agus Sudibyo mengatakan, ada 7 insentif yang diminta kepada pemerintah untuk menjaga keberlangsungan industri media di tengah pandemi Covid-19.

Pertama, mendorong pemerintah untuk tetap mengalokasikan dana sosialisasi kebijakan, program, atau kampanye penanggulangan Covid-19, baik di tingkat pusat maupun daerah untuk perusahaan pers.

Kedua, pemerintah diminta untuk memberikan subsidi harga kertas bagi perusahaan pers cetak sebesar 20 pers dari harga per kilogram komoditas tersebut.

Halaman
12
Editor: Edi Sumardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved