CITIZEN REPORT

Fakultas Keperawatan Unhas Bantu Logistik dan Edukasi Penyandang Tunanetra

Seluruh bantuan diserahkan melalui Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Cabang Makassar untuk selanjutnya disalurkan ke anggota Pertuni.

Dokumen Fakultas Keperawatan Unhas
Fakultas Keperawatan Unhas menyerahkan bantuan ke Persatuan Penyandang Tunanetra Indonesia (Pertuni) Cabang Makassar, Jumat (1/5/2020) lalu. 

Laporan: Arnis Puspita, S.kep,.Ns.,M.Kes
Ketua Panitia Program Bina Desa Mahasiswa Fakultas Keperawatan Unhas

Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui program bina desa menyerahkan bantuan logistik sebanyak 50 paket kepada masyarakat penyandang tunanetra yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan yang diberikan antara lain sabun cuci tangan cair sebanyak 50 bungkus dan masker kain sebanyak 100 pcs.

Seluruh bantuan diserahkan melalui Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Cabang Makassar untuk selanjutnya disalurkan ke anggota Pertuni, Jumat (1/5/2020) lalu.

Bertempat di Klinik Pijat Tuna Netra Paraikatte, Jalan Sunu 3 Ujung Pandang Baru, Makassar, Sulawesi Selatan.

Alhamdulillah, Satu Pasien Positif Corona di Takalar Dinyatakan Sembuh

Selain menyerahkkan bantuan logistik, kami juga melakukan edukasi tentang pencegahan penularan Covid-19 dan panduan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada kelompok masyarakat penyandang tunanetra dalam bentuk audio/materi digital.

Kegiatan ini dilakukan mengingaat wabah Covid-19 memberi dampak pada berbagai kelompok masyarakat, termasuk kelompok masyarakat penyandang tunanetra.

Di Makassar, penyandang tunanetra tergabung dalam Pertuni Cabang Makassar memiliki anggota kurang lebih 150 orang. Sebagian besar mereka bekerja sebagai penyedia jasa pijat, bisa di klinik pijat maupun di rumah-rumah pelanggannya.

Namun sejak pandemi Covid-19, mereka kehilangan penghasilan. Masalah lainnya adalah kurangnya media edukasi pencegahan Covid-19 yang cocok untuk masyarakat tunanetra.

Data Sebaran Positif Corona di Gowa, Kecamatan Somba Opu Terbanyak

Oleh karena itu, sebagai bentuk pengabdian masyarakat Fakultas Keperawatan Unhas Program Bina Desa Mahasiswa tahun 2020 ini diarahkan untuk berbagi dengan masyarakat penyandang tunanetra yang terdampak Covid-19

“Dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian sosial mahasiswa, terutama pada masa pandemi covid-19 dan di bulan Ramadhan ini,” kata Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan Fakultas Keperawatan Unhas.

Melalui edukasi yang diberikan dalam bentuk audio ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan perilaku pencegahan penularan covid-19 pada masyarakat penyandang tunanetra, seperti cara cuci tangan, penggunaan masker, jaga jarak aman, dan sebagainya. (*)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved