Breaking News:

Update Corona Sulbar

Pemprov Sulbar Anggarkan Rp 175 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Pemprov Sulbar melakukan pemokusan anggaran untuk penanganan pencegahan Covid-19. Sebelumnya mengalokasikan Rp 36 Miliar penanganan Covid-19

TRIBUN TIMUR/NURHADI
Kantor Gubernur Sulbar 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Pemprov Sulbar melakukan pemokusan anggaran untuk penanganan pencegahan Covid-19.

Sebelumnya telah mengalokasikan Rp 36 Miliar penanganan Covid-19.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Sulbar (BPKPD) Sulbar Amujib mengatakan, setelah melakukan perubahan anggaran, Sulbar mengalokasikan Rp175 miliar.

"Itu ada kenaikan 173 Miliar dari sebelumnya anggaran Tak Terduga sebesar Rp 2.5 miliar,"kata Amujib di Mamuju, Senin (27/4/2020).

Amujib memaparkan dari proses relokasi telah melakukan rasionalisasi belanja langsung setiap OPD. Dari Rp 1,09 Triliun pagu awal menjadi Rp 676 miliar.

Kata dia, Rasionalisasi dilakukan dengan memangkas anggaran, baik dari Dana Alokadi Khusus, Dana Insentif Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Bagi Hasil, dan Pendapatan Asli Daerah.

"Termasuk didalamnya itu perjalanan Dinas, Belanja Barang Jasa, itu terjun drastis," ujar Amujib.

Amujib menjelaskan arahan mengenai refocusing ini telah ditegaskan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri yang diterbitkan pada 2 April 2020 terkait Refocusing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

"Perubahan dan pengalokasian anggaran ke Covid-19, realokasi 50,08 persen. Kita terus kejar dari awal-awal dan sudah selesai,"ujar Amujib.

Saat ini pemprov sendiri, sudah melaporkan hasil refocusing ke Kemendagri. Jika sebelumnya Sulbar mengalokasikan anggaran hingga Rp 36 miliar.

"Dengan perubahan anggaran yang baru saja disodorkan ke Kemendagri, anggaran penanganan Covid-19 mencapai Rp173 miliar,"tuturnya.(tribun-timur.com)

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur: 

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved