Mamuju Lawan Corona

Pemprov Sulbar Geser Anggaran Rp 1.8 Miliar untuk Pencegahan Penyebaran Virus Corona

Hal itu disampaikan Kadis Kesehatan dr Muhammad Alif, saat melakukan teleconference dengan wartawan via aplikasi meeting Zoom, Kamis (26/3/2020).

Pemprov Sulbar Geser Anggaran Rp 1.8 Miliar untuk Pencegahan Penyebaran Virus Corona
Nurhadi / Tribun Timur
RSU Regional Sulbar yang ditunjuk sebagai RS rujukan perawatan pasien Covid-19 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, melakukan pergeseran anggaran sebesar Rp 1,8 miliar untuk penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Kadis Kesehatan dr Muhammad Alif, saat melakukan teleconference dengan wartawan via aplikasi meeting Zoom, Kamis (26/3/2020).

"Iya sudah ada pergeseran anggaran untuk memaksimalkan penanganan penanggulangan Covid-19 agar tak meluas ke Sulbar,"katanya.

Dia mengakui Rp 1.8 tersebut belum mampu menjawab kekurangan stok APD untuk penanganan Covid-19.

Namun untuk sementara Pemprov hanya bisa mengalokasikan anggaran sebesar itu.

Tak hanya untuk pengadaan APD, anggaran tersebut juga akan digunakan melengkapi sarana gedung RSU Regional Sulbar yang lama untuk dipersiapkan sebagai tempat karantina.

"Kita mengalokasikan sementara berdasarkan kondisi daerah, itu sangat situasional kita belum tahun apakah cukup atau tidak karena sampai sekarang belum ada kasus, dan semoga seterusnya tidak ada,"ujarnya.

Selain masih kekurangan APD, RSU Regional Sulbar juga masih sangat kekurangan Viral Transfer Media (VTM) atau alat untuk mengirim sampel virus ke Jakarta.

"Saat ini kita hanya punya sekitar 50 buah tersedia di Puskesmas Belang-belang, makanya tidak memungkinkan untuk mengambil swab semua ODP sesuai protokoler. Kita dijanji kementerian kesehatan akan dikirim 300 buah, tapi belum tahu juga kapan akan dikirim,"tutur dr Alif menambahkan.(tribun-timur.com).

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved