Mamuju Lawan Corona

Cegah Virus Corona, Rutas Klas IIB Mamuju Disemprot Cairan Disinfektan

Rutan Kelas IIB Mamuju disemprot disinfikten. Seluruh hunian tahanan dan perkantoran disterilkan.

Cegah Virus Corona, Rutas Klas IIB Mamuju Disemprot Cairan Disinfektan
TRIBUN TIMUR/NURHADI
Petugas BPBD Sulbar melakukan penyemprotan disinfektan di Rutan Kelas IIB Mamuju kemarin sore. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU -- Rutan Kelas IIB Mamuju disemprot disinfikten. Seluruh hunian tahanan dan perkantoran disterilkan.

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkum HAM Sulbar Elly Yuzar mengatakan hal tersebut sejalan dengan Instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan No PAS-08.OT.02.02 tahun 2020 tentang Pencegahan, Penanganan, Pengendalian dan Pemulihan Corona Virus Disease (Covid-19) pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan.

"Berdasarkan instruksi itu, setiap rutan akan dibedakan menjadi zona kuning dan zona merah. Zona kuning merujuk pada wilayah yang belum ada kasus Covid-19, sementara zona merah sebaliknya,"kata Elly kepada Tribun di Mamuju, Senin (23/3/2020) malam.

Dikatakan, penyemprotan juga telah dilakukan di disejumlah Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Sulawesi Barat, diantaranya, Lapas Polewali, Lapas Mamasa, Rutan Majene, dan Rutan Pasangkayu.

"Untuk rutan-lapas serta UPT di daerah zona kuning, maka lebih ditekankan soal sosialisasi mengenai virus Corona yang menyebabkan penyakit Covid-19, penyemprotan disinfektan serta penyediaaan sarana-sarana deteksi (pengukur suhu tubuh) dan penyediaan sarana cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer,"ujar Elly.

Kata dia, pembersihan dengan penyemprotan cairan disinfektan dilakukan pada ruang kantor, blok hunian, ruang portir, tempat layanan kunjungan dan area publik lainnya termasuk toilet, ruang bermain anak, dan ruang menyusui.

"Rutan dan lapas di zona kuning masih membuka kunjungan untuk para warga binaan namun pengunjung akan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas untuk mencegah penyebaran Covid-19,"katanya.

"Beberapa lapas pun yang masuk zona kuning tetap bisa melakukan pembatasan kunjungan jadi disediakan fasilitas video call, mereka bisa tetap kami jamin komunikasinya, masing-masing ada yang pake Google Duo, ada yang pake WA (WhatsApp) dan lain-lain," pungkas Elly menambahkan. (tribun-timur.com)

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved