Citizen Reporter

Literasi Kemaritiman dari Open Ship KRI Dewa Ruci dan KRI Bima Suci

Masyarakat kota Makassar antusias mengikuti Open Ship KRI Dewa Ruci dan KRI Bima Suci yang merapat di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Makassar.

Literasi Kemaritiman dari Open Ship KRI Dewa Ruci dan KRI Bima Suci
Citizen Reporter/Miguel Dharmadjie, S.T., CPS®
Open Ship KRI Dewa Ruci dan KRI Bima Suci yang merapat di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Makassar. 

Citizen Reporter, Miguel Dharmadjie, S.T., CPS® Warga Kota Makassar

Masyarakat kota Makassar antusias mengikuti Open Ship KRI Dewa Ruci dan KRI Bima Suci yang merapat di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Makassar.

Open Ship berlangsung selama dua hari pada Sabtu dan Minggu (14 s/d 15 Maret 2020) dari pagi hingga sore hari.

Open Ship yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut ini guna memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berkunjung dan mengenal lebih dekat dua Kapal Republik Indonesia (KRI) jenis kapal layar latih bagi Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL). Juga untuk meningkatkan promosi tentang TNI AL serta literasi kemaritiman kepada masyarakat.

Kehadiran dua kapal layar ini untuk meramaikan peluncuran “Garuda di Lautku”; gerakan penanaman terumbu karang berbentuk lambang Garuda di dasar laut Pulau Kodingareng Keke, Makassar

Kesempatan yang sangat berharga ini dimanfaatkan dengan baik oleh warga masyarakat  untuk menaiki dan menjelajahi KRI Dewa Ruci dan KRI Bima Suci.    

KRI Dewa Ruci merupakan kapal layar latih yang sangat legendaris dan telah dua kali keliling dunia. KRI Dewa Ruci yang dibuat di galangan H.C. Stulchen & Shon, Hamburg, West Germany tahun 1952 ini memiliki panjang 58,30 meter dan lebar 9,50 meter. Kapal tipe Barquentine ini memiliki daya angkut 140 orang ABK dan Taruna.

KRI Dewa Ruci memiliki motto Cita-cita, Akal Budi, Berani, Jujur dan Guna Bhakti. Diresmikan tanggal 1 Oktober 1953 sebagai kapal latih bagi Taruna AAL. Sejak  tahun 2012 hingga saat ini KRI Dewa Ruci digunakan untuk latihan taruna di dalam negeri.

Sebagai penerus KRI Dewa Ruci yang digunakan sebagai kapal latih taruna di dunia internasional adalah KRI Bima Suci yang dibuat di Construcciones Navales P. Freire Shipyard, Vigo, Spain dan resmi diluncurkan tanggal 17 Oktober 2017.

KRI Bima Suci dengan motto Ikhlas, Cita-cita, Akal Budi, Berani, Jujur, dan Guna Bakti adalah kapal layar tiang tinggi tipe three mast Barque dengan dimensi panjang 111,20 meter dan lebar 13,65 meter serta daya angkut 203 orang ABK dan Taruna.

Kedatangan KRI Bima Suci yang megah dan canggih serta telah berlayar hingga ke Eropa, Asia Timur dan Rusia ini merupakan pertama kalinya di kota Makassar.

Terima kasih kepada TNI Angkatan Laut atas kesempatan bagi masyarakat untuk merasakan sensasi menjelajah KRI Dewa Ruci dan KRI Bima Suci. Serta kepada Pengawas Senjata KRI Dewa Ruci Kopda Joko M. dan Bintara Serang KRI Bima Suci Serka Suparyana yang dengan ramah memberikan penjelasan kepada kami.

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved