UIN Alauddin

Bawakan Kuliah Umum di UIN Alauddin, Menteri Agama Bahas Wawasan Kebangsaan

Kuliah umum ini mengambil tema “Pembinaan Wawasan Kebangsaan Pada Keluarga Besar UIN Alauddin Makassar

Wahyu/Tribun Timur
Menteri Agama RI, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi saat membawakan kuliah umum di UIN Alauddin Makassar, Selasa (3/3/2020). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Menteri Agama RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, membawakan kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Kuliah umum ini mengambil tema “Pembinaan Wawasan Kebangsaan Pada Keluarga Besar UIN Alauddin Makassar” di Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar, Selasa (3/3/2020).

Dalam kuliahnya, Fachrul Razi menyampaikan bahwa ada lima program prioritas Kementerian Agama pada tahun 2020.

Masing-masing adalah Pemberantasan korupsi, Peningkatan kualitas haji dan pembenahan umrah, Pembenahan pendidikan keagamaan, Penguatan moderasi beragama, dan Sertifikasi Halal.

Terkait dengan tema yang diangkat, Fachrul Razi memaparkan bahwa wawasan kebangsaan terkait erat dengan poin penguatan moderasi beragama.

“Jadi yang dimoderasi itu bukan agama, tetapi cara-cara beragamanya, baik hubungan kelompok di internal agama yang berbeda paham, maupun hubungan antar umat beragama yang berbeda," terang Fachrul Razi.

Ia juga menceritakan pengalamannya ketika diundang oleh Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, negara pelayan dua kota suci umat Islam tersebut.

Dimana mereka tengah memiliki visi 2030 untuk penguatan agama dan indentitas kebangsaan.

Menurutnya, apa yang dilakukan Arab Saudi hari ini, telah dilakukan Indonesia jauh-jauh hari.

“Karena di Indonesia antara agama dan kebangsaan memang sedari awal tidak pernah dipertentangkan, keduanya berjalan beriringan” pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Susanto
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved