Tribun Bulukumba

Masyarakat Tanah Toa Kajang Bulukumba Dibina Kelola Eko Wisata

Tim riset UGM bekerjasama Dinas Pariwisata (Dispar), Kantor Lingkungan HIdup (KLH) menggelar workshop pengelolaan Eko Wisata di Kajang

Masyarakat Tanah Toa Kajang Bulukumba Dibina Kelola Eko Wisata
Dok. A Ardiansyah
Tim riset Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama Dinas Pariwisata (Dispar), Kantor Lingkungan HIdup (KLH), telah menggelar workshop pengelolaan Eko Wisata, di kantor Desa Tanah Toa, Kajang 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, KAJANG - Tim riset Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerjasama Dinas Pariwisata (Dispar), Kantor Lingkungan HIdup (KLH), telah menggelar workshop pengelolaan Eko Wisata, di kantor Desa Tanah Toa.

Kegiatan itu sebagai upaya untuk melestarikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya yang bermukim di Desa Tana Toa, Kecamatan Kajang.

Kebanyakan warga yang bermukim di daerah ini adalah masyarakat adat, yang dikenal dengan Suku Adat Kajang.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 12 hingga 13 Februari 2020 tersebut, diwarnai diskusi alot.

Mereka mengupas tentang pengembangan pengelolaan eko wisata, yang diikuti warga, hingga pemerhati wisata Kajang.

Pelatihan yang menghadirkan Tim Riset Program Magister Agama dan Lintas Budaya UGM Samsul Maarif, memaparkan berbagai konsep untuk mengelola eko wisata di desa Tanah Toa, yang memiliki potensi alam dan budaya yang telah terkenal hingga mancanegara.

"Dengan memberikan promosi, pemandu, home stay, kuliner secara terpaket dengan ditunjang dengan sarana parasarana dan pelayanan yang optimal, diharapkan mampu memberikan kesan yang baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara," jelas pria yang telah menulis sejumlah buku tentang adat budaya itu, melalui rilisnya.

Kekayaan potensi wisata di Kajang, kata Syamsul Maarif, diantaranya wisata alam seperti situs keramat, hutan adat, dan hutan bakau.

Serta, wisata budaya sepert tradisi tenun, pertunjukan seni dan outbond bagi pengunjung yang bisa menjadi tujuan wisatawan, termasuk pelajar.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kabid SDP Dinas Pariwista A Ayu Cahyani bersama staf Dispar A Ardiansyah dan sejumlah pejabat DLH seperti Syamsul Bahri. (TribunBulukumba.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Firki Arisandi, IG: @arisandifirki

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(*)

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved