OJK Regional 6

OJK Regional 6: Tak Ada Perusahaan Gadai Swasta Terdaftar dan Berizin di Sulsel

Berdasarkan data OJK per 31 Oktober 2019 lalu, terdapat 47 perusahaan gadai swasta yang terdaftar.

OJK Regional 6: Tak Ada Perusahaan Gadai Swasta Terdaftar dan Berizin di Sulsel
fahrizal/tribun-timur.com
Kepala OJK Regional 6, Moh Nurdin Subandi. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pelaku usaha gadai swasta semakin bertambah di Indonesia setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan izin usaha kepada tiga perusahaan gadai pada awal 2020.

Berdasarkan data OJK per 31 Oktober 2019 lalu, terdapat 47 perusahaan gadai swasta yang terdaftar.

Namun dari total tersebut, gak ada satupun yang berasal dari wilayah kerja OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulamapua), khususbya Sulawesi Selatan.

Kepala OJK Regional 6, Moh Nurdin Subandi mengatakan, hingga saat ini tak ada satupun perusahaan gadai swasta di wilayahnya, baik yang terdaftar maupun telah berizin.

Nurdin menyebut, sempat ada dua yang mendaftar, namun itu tidak dilanjutkan ke tahap pengajuan izin, hingga akhirnya kedua usaha itu juga sudah tidak terdaftar lagi.

"Waktu itu mereka izin terdaftar di OJK sudah sesuai ketentuan, tapi mereka tak menaikkan status menjadi berizin. Selama ini cuma dua saja yang terdaftar, tapi sekarang pun statusnya sudah tidak ada di OJK," kata Nurdin, Rabu (12/2/2020).

Menurutnya, OJK Regional 6 selama ini sudah kerap sosialisasi ke perusahaan gadai swasta untuk mendaftarkan diri ke OJK, namun tak ada yang mendaftar.

"Kita gak bisa menebak kenapa tak ada yang mau mendaftar dan ajukan izin, yang pasti kita sudah kumpulkan perusahaan swasta yang melakukan kegiatan gadai di kantor OJK, dan kita serahkan ke mereka selanjutnya apa mau mendaftar atau tidak," ucapnya.

"Kita juga tak bisa paksa mereka mendirikan gadai swasta, apalagi kan di Sulsel sudah ada PT Pegadaian yang selama ini menjadi pilihan masyarakat untuk gadai," tambahnya.

Nurdin mengaku potensi perusahaan gadai di wilayah kerjanya, khususnya Sulsel cukup besar, hanya saja selama ini sudah terserap perusahaan gadai milik pemerintah yaitu PT Pegadaian.

Halaman
12
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved