Pelindo

Pelindo IV Jaga Kinerja Ekspor Sulsel dan Perketat Crew Kapal dari China

Meskipun, di negara-negara tersebut tengah mewabah virus Corona yang menggegerkan dunia.

Pelindo IV Jaga Kinerja Ekspor Sulsel dan Perketat Crew Kapal dari China
Pelindo IV
Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menegaskan, pihaknya tetap melayani kegiatan ekspor dan impor barang ke China, Korea, Jepang dan Vietnam. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menegaskan, pihaknya tetap melayani kegiatan ekspor dan impor barang ke China, Korea, Jepang dan Vietnam.

Meskipun, di negara-negara tersebut tengah mewabah virus Corona yang menggegerkan dunia.

Demikain disampaikan Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang.

Ia mengatakan, ekspor langsung ke Vietnam, Korea, Jepang dan China tetap terjaga dari Pelabuhan Makassar, meskipun ada wabah virus corona.

“Hanya saja ada beberapa kebijakan yang memang harus kami lakukan terkait hal tersebut. Salah satunya, live animal atau binatang hidup dari daratan China tidak boleh masuk Indonesia, termasuk di Pelabuhan Makassar,” kata Farid melalui rilisnya, Jumat (7/2/2020).

Selain itu, walaupun barang ekspor dan impor tetap bisa masuk dan keluar melalui pintu Pelabuhan Makassar, namun kru kapal yang membawa barang tidak boleh turun dari kapal dan memasuki area pelabuhan.

“Mereka hanya bisa berada di atas kapal dan akan diperiksa oleh Tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, Pelindo IV dan Otoritas Pelabuhan menggunakan alat Thermal Scanner yang telah disiapkan untuk mendeteksi suhu tubuh manusia dan hand thermometer scanner,” jelasnya.

Menurutnya, larangan tersebut berdasarkan hasil Rapat Terbatas Kabinet Indonesia Maju yang diselenggarakan di Istana Bogor pada Selasa malam, 4 Februari 2020 yang juga dihadiri oleh SKJ, DRJU, DRJL, Dirut Angkasa Pura 1, Dirut Angkasa Pura 2, Dirut Pelindo I, II, III dan IV.

Dalam rapat tersebut, disimpulkan bahwa kargo dari dan ke Main Land tetap dapat dilaksanakan sebagaimana biasanya dari laut.

Dimana para operator pelabuhan bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dalam melaksanakan prosedur kepada para crew kapal untuk tidak turun dari kapal. (*)

Laporan Wartawan Tribun Timur @umhaconcit

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

(

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved