Nasdem Days

Nasdem Sulsel Mau Koalisi dengan Golkar di Pilkada Serentak, Firdaus Muhammad: Cari Aman

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar ini menambahkan, peta politik di Pilkada Soppeng 2020

Nasdem Sulsel Mau Koalisi dengan Golkar di Pilkada Serentak, Firdaus Muhammad: Cari Aman
abd azis/tribuntimur.com
Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar Firdaus Muhammad menilai penyerahan rekomendasi usungan Partai Nasdem pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak cukup meyakinkan kader maju bertarung di Pilkada 2020.

"Saya melihat ini cukup menyakinkan kader. Agenda berikutnya kader harus mampu membangun komunikasi politik lintas partai untuk berkoalisi," ujar Firdaus kepada Tribun, Minggu (26/1/2020).

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar ini menambahkan, peta politik di Pilkada Soppeng 2020 cukup aman bagi koalisi Partai Golkar dan Partai Nasdem, demikian juga di Tana Toraja.

"Berbeda di Maros kompetisinya lebih berat. Barru juga butuh pasangan yang gate voters atau penarik suara untuk meraih kemenangan," kata Firdaus menambahkan.

Banyak menilai Nasdem takut melawan petahana yang juga merupakan kader Golkar. Namun berbeda dengan penilaian Firdaus Muhammad. Menurutnya kalkulasi Nasdem mencari aman.

"Lebih mudah menang dengan koalisi Golkar dan Nasdem pada Pilkada Soppeng. Saya kira itu cukup strategis. Nasdem realistis," ujarnya.

Diketahui, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyerahkan surat keputusan (SK) rekomendasi usungan Nasdem kepada lima bakal calon kepala daerah (cakada) di Pilkada serentak 2020.

Penyerahan rekomendasi tersebut digelar di gedung Celebes Convention Center (CCC), Jl Metro Tanjung Bunga, Makassar, Minggu (26/1/2020).

Mereka yang menerima langsung SK dari Surya Paloh, di antaranya Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Soppeng dan Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Tana Toraja.

Kaswadi dipaketkan dengan kader Nasdem di Soppeng dan Victor dipasangkan dengan Nicodemus Biringkanae yang juga merupakan Bupati Tana Toraja sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan partai Nasdem di sana.

Paket ini merupakan paket Nasdem-Golkar atau kebalikan dari paket Pilkada Soppeng, Golkar-Nasdem.

Penulis: Abdul Azis
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved