Tribun Makassar

Catat! Tak Bayar Pajak Kendaraan 2 Tahun, Masuk Kategori Bodong

Ditlantas Polda Sulsel, beri peringatan ke pengendara roda dua maupun empat yang kendaraannya telah dua tahun mati pajak.

Catat! Tak Bayar Pajak Kendaraan 2 Tahun, Masuk Kategori Bodong
sanovra/tribuntimur.com
Ilustrasi - Petugas lantas melakukan razia pajak kendaraan bermotor (PKB) yang berlangsung di Jl Boulevard Makassar, Rabu (27/2). Dalam razia tersebut petugas menilang 35 unit kendaraan karena berbagai sebab antara lain menggunakan plat gantung dan menunggak pajak kendaraan. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ditlantas Polda Sulsel, beri peringatan ke pengendara roda dua maupun empat yang kendaraannya telah dua tahun mati pajak.

Pasalnya, kendaraan roda dua dan empat telah mati pajaknya dikategorikan masuk kendaraan bodong atau tidak terdaftar.

"Kalau tidak bayar pajak dua tahun, ya itu bodong," ungkap Dirlantas Polda Kombes Frans Sentue, Rabu (22/1/2020) siang.

Kepada tribun kata Kombes Frans, hal itu telah diatur di UU Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan.

Karena pada Pasal 74 ayat 2 dan 3, pemilik kendaraan tidak lakukan registrasi ulang 2 tahun dilakukan penghapusan kendaraan.

Selain UU tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, hal itu diatur juga didalam Peraturan Kapolri (Perkap) 5 tahun 2012 Pasal 110.

"Dalam Perkap jelas mengatur bahwa ada tahapan-tahapan dalam penghapusan data kendaraan tersebut juga kan," jelas Frans.

Soal penindakannya, Ditlantas Polda telah mensosialisasikan dalam beberapa bulan terakhir ini, secara nasional dan di Sulsel.

Termaksud juga penindakannya melalui program yang baru-baru ini disosialisasi, itu Elektronik Registrasi Identifikasi (ERI).

"Program ERI sudah sementara berjalan, jadi penindakannya nanti lebih gampang. Intinya ith ya bayar pajak," tambah Frans.

Halaman
12
Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved