Sistem Proporsional Terbuka

Demokrat Sulsel Tetap Ingin Proporsional Terbuka di Pemilu

Sehingga kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel ini, tidak perlu ada perubahan dari sistem proporsional terbuka ke

Demokrat Sulsel Tetap Ingin Proporsional Terbuka di Pemilu
hasan/tribun-timur.com
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Selatan, Nimatullah mengatakan telah membuka pendaftaran penjaringan calon kepala daerah (cakada), kecuali di Kabupaten Gowa. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Selatan (Sulsel) Ni'matullah Erbe (Ulla) menyatakan, sistem pemilihan saat ini sudah baik.

Sehingga kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel ini, tidak perlu ada perubahan dari sistem proporsional terbuka ke  tertutup.

Iapun mengajak masyarakat mewujudkan kedaulatan dalam memilih dan dipilih secara langsung.

"Kalau saya lebih baik seperti ini sekarang dan tidak perlu ada perubahan seperti dulu. Sistem demokrasi itu dari rakyat dan untuk rakyat," jelas Ulla, Selasa (21/1/2020).

Diberitakan sebelumnya, Partai Golkar dan PDI Perjuangan tengah memperjuangkan sistem proporsional tertutup untuk diterapkan pada pemilihan umum (pemilu).

Saat ini, sistem pemilu belum ditetapkan karena Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu masih dalam proses pembahasan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Diketahui, usulan mengenai sistem pemilu proporsional tertutup terungkap dalam keputusan PDI Perjuangan pada penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I dan HUT ke-47 PDI Perjuangan belum lama ini.

Usulan tersebut merupakan satu di antara sembilan rekomendasi hasil Rakernas I PDI Perjuangan.

Demikian juga dengan Partai Golkar. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mendorong adanya perubahan UU Pemilu.

Dalam sistem tersebut, pemilih akan memilih partai dan bukan memilih anggota partai yang mewakili daerah pemilihan. Calon legislatif yang berhak melenggang ke parlemen ditentukan pejabat partai, bukan dari perolehan suara di surat suara pemilu.

Halaman
12
Penulis: Abdul Azis
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved