Pelindo IV Makassar

Dukung Direct Call SeaLand, ini yang akan Dilakukan Pelindo IV

Farid mengatakan, bahwa saat ini potensi ekspor khususnya dari Kalimantan Timur cukup besar.

Dukung Direct Call SeaLand, ini yang akan Dilakukan Pelindo IV
sukmawati/tribun-timur.com
Suasana kunjungan Country Manager Indonesia SeaLand, Joshua Ng Jiang Hao ke Pelindo IV 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) siap mendukung logistik melalui konsolidasi kargo sehingga ada garansi untuk SeaLand (Maersk Line Group) yang akan melakukan direct call dan direct export dari pelabuhan yang dikelola Perseroan.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Pelindo IV, Farid Padang melalui rilisnya, Rabu (15/1/2020).

Farid mengatakan, bahwa saat ini potensi ekspor khususnya dari Kalimantan Timur cukup besar.

Tercatat ada delapan perusahaan yang setiap bulan berkontribusi lumayan besar terhadap aktivitas ekspor di wilayah tersebut, di antaranya PT Balikpapan Forest Industri, PT Herman Group, PT Sumalindo Lestari Jaya, PT Linda Hanta Wijaya, PT Cipta Krida Bahari, PT Korindo dan PT Tirta Mahakam serta eksportir lainnya di wilayah Kaltim.

“Total kontribusi dari delapan perusahaan yang aktif melakukan kegiatan ekspor impor di wilayah Kaltim tersebut mencapai 783 box kontainer per bulan dengan komoditas yang dikirim berupa plywood, rumput laut, bungkil, spare part dan oli bekas yang dikirim dan juga didatangkan dari beberapa negara yakni Jepang, Korea, Shanghai dan China,” paparnya.

Dirut Pelindo IV menuturkan, hampir semua kegiatan ekspor impor di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara melalui Terminal Petikemas (TPK) Kariangau sebagai hub port dengan empat perusahaan pelayaran yang dilayani yaitu PT SPIL, Meratus, TemasLine dan PT Tanto Intim Line.

Menurutnya, ada beberapa keuntungan yang didapat pengusaha dengan melakukan direct call dan direct export ke negara tujuan, dibandingkan harus melalui Jakarta atau Surabaya.

“Yakni ada efisiensi biaya sebesar kurang lebih 50 persen, terjadi efisiensi waktu antara sembilan sampai 15 hari, barang tidak rusak karena tidak lagi ada double handling, serta dapat meningkatkan PAD karena Surat Keterangan Asal (SKA) barang diterbitkan oleh daerah asal,” sebutnya.

Farid menambahkan, selama ini Makassar selalu menjadi hub untuk direct call dan direct export dari Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Ke depan, dengan direct call yang dilakukan SeaLand dari Terminal Petikemas Kariangau, maka akan ada tiga pelabuhan kelolaan Pelindo IV yang melakukan kegiatan pelayaran langsung ke luar negeri.

“Yaitu Makassar New Port (MNP), Terminal Petikemas Makassar (TPM) dan Terminal Petikemas Kariangau, sehingga kompetisi kegiatan ekspor juga akan terbagi dan volumenya jadi bertambah," ujarnya.

Sementara itu, Country Manager Indonesia SeaLand, Joshua Ng Jiang Hao mengutarakan, maksud dan tujuan kunjungannya bersama tim dari Headquarters SeaLand.

"Kami ingin bersilaturahmi sekaligus menyampaikan bahwa pihaknya akan melaksanakan direct call dan direct export dari Pelabuhan Balikpapan, Kaltim Kariangau Terminal (KKT) dan lainnya," katanya.

“Rencananya direct call dan direct export akan dilakukan pada akhir Februari atau awal Maret tahun ini,” tambahnya

Pihaknya juga berencana melakukan peningkatan kerja sama untuk meningkatkan kegiatan ekspor impor di wilayah Pelindo IV.

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved