Tribun Sulbar

Pemprov Sulbar Targer 1 Februari Seluruh Persuratan Telah Berbasis Eletronik

Pemprov Sulawesi Barat (Sulbar) terus melakukan pembenahan menuju pelaksanaan pemerintahan yang lebih baik.

Pemprov Sulbar Targer 1 Februari Seluruh Persuratan Telah Berbasis Eletronik
Humas Pemprov Sulbar
Rapat pembahasan penerapan aplikasi si-Maya atau persuratan berbasis eletronik lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Kamis (2/1/2020) kemarin.(Humas Pemprov Sulbar) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) terus melakukan pembenahan menuju pelaksanaan pemerintahan yang lebih baik.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris selaku komando Aparatur Sipil Negara (ASN) berharap momentu 2020 menjadi pintu masuk bagi seluruh pegawai untuk membangun maindset digitalisasi pemerintaha (e-govement) yang kuat.

"Kita harap ada komitmen kuat dari jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar pemerintahan di Sulawesi Barat ini betul-betul berada pada kondisi pemerintahan yang mempraktekkan e-goverment,"kata Idris saat membuka rapat pembahasan penerapan aplikasi si-Maya lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Kamis (2/1/2020) kemarin.

Menurut Idris untuk melakukan perubahan-perubahan pelaksanaan pemerintahan ke arah yang lebih baik, harus ada komitmen kuat bersama yang terbangun. Menyatukan persepsi dengan satu isu bersama yakni digitalisasi pemerintahan.

Mantan Kepala LAN Makassar itu targetkan kurun waktu satu bulan atau per 1 Februari seluruh OPD harus menerapkan fasilitas tehknologi untuk persuratan di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

"Ini adalah salah satu misi gubernur untuk menciptakan pemerintahan yang modern, melalui penerapan sistem berbasis digital. Sebagai pembuka di tahun 2020 adalah dengan aplikasi si-Maya. Aplikasi terkait persuratan dengan versi lima sebagai tahap pertama,"ujar Idris.

Sementara Kadis Kominfo Safaruddin selaku leading sektor penerapan digitalisasi pemerintahan mengatakan, aplikasi si-Maya menjadi salah satu percepatan proses dalam birokrasi khususnya persuratan.

"Kita akan laksanakan komitmen ini segera atau dalam waktu singkat. Akan dilanjutkan dengan pelatihan kepada semua yang ditunjuk oleh OPD masing-masing sebagai pengelola (admin) aplikasi si-Maya, serta semua pejabat yang ada di lingkup OPD masing-masing,"katanya.

Safaruddin mengatakan pihaknya membagi tiga tim yang akan menbackup semua OPD melakukan pelatihan atau bimbingan terkait penggunaan aplikasi si-Maya.

"Jadi bukan hanya untuk admin atau pejabat saja, tetapi untuk semua baik staf bahkan non ASN juga bisa diberikan pemahaman terkait prnggunaan aplikasi si Maya. Penggunaan aplikasi ini kita lakukan dalam rangka efesiensi, waktu, jarak, serta hemat,"jelas mantan Plt Sekwan DPRD Sulbar itu. (tribun-timur.com)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @nurhadi5420

Langganan berita pilihan tribun-timur.com di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribuntimur

Follow Instagram Tribun Timur

Subscribe akun Youtube Tribun Timur

(*)

 

 

Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved