Pemkab Enrekang

Kepala DP3A Enrekang Minta OPD Punya Data Gender dan Anak

Untuk itu, mereka bekerjasama dengan Bappeda menggelar Penyusunan Profil Gender dan Anak Tahun 2019 di ruang Rapat Bappeda Litbang Kabupaten Enrekang,

Kepala DP3A Enrekang Minta OPD Punya Data Gender dan Anak
azis albar/tribunenrekang.com
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Enrekang menggelar Penyusunan Profil Gender dan Anak Tahun 2019 di ruang Rapat Bappeda Litbang Kabupaten Enrekang, Kamis (5/12/2019). 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Enrekang terus berupaya untuk mewujudkan kabupaten layak anak.

Untuk itu, mereka bekerjasama dengan Bappeda menggelar Penyusunan Profil Gender dan Anak Tahun 2019 di ruang Rapat Bappeda Litbang Kabupaten Enrekang, Kamis (5/12/2019).

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh perwakilan OPD dibuka langsung oleh Kepala DP3A Enrekang, Sawaliah Baharuddin.

Dalam kesempatan itu, Sawalia Baharuddin menekankan, agar setiap OPD memiliki data terpilah tentang gender dan anak.

"Seharusnya dilakukan pengadministrasian data terpilah mulai dari tingkat desa sebagai ujung tombak pelayanan terhadap masyarakat," kata Sawaliah.

Ia menjelaskan, semakin rinci data yang dimiliki maka akan semakin bagus data terpilah tersebut, seperti menurut umur, pendidik, jenis kelamin, pekerjaan dan lain sebagainya.

Hal itu, untuk mengetahui kondisi real keadaan masyarakat dari segi pelayanan kesehatan, pendidikan, akte kelahiran, KTP termasuk kartu identitas anak.

Hanya saja menurut Sawaliah, masih saja ada OPD yang tak melakukan hal tersebut, sehingga butih komitmen agar ke depan setiap OPD masing memiliki data terpilah menyangkut gender dan anak.

"Profil anak menentukan kondisi anak. Misalnya didaerah pertanian jika terpapar pestisida berlebihan ini akan mengganggung tumbuh kembangnya anak. Ini sama saja kita menrenggut hak anak untuk tumbuh sehat," ujarnya. (tribunenrekang.com)

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, Muh Azis Albar

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved