Tribun Makassar

Antisipasi Bencana, BPBD Makassar dan Basarnas Gelar Pelatihan Dasar SAR

Untuk itu, menurutnya pentingnya dimiliki pemahaman dan kompetensi personil dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana (PB).

Antisipasi Bencana, BPBD Makassar dan Basarnas Gelar Pelatihan Dasar SAR
Humas BPBD Kota Makassar
Personel BPBD Makassar Siaga di Pantai Tanjung Banyang 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menggelar Pelatihan Dasar SAR Relawan Pemuda Penanggulangan Bencana bagi staf BPBD dan potensi SAR.

Pelatihan itu bekerjasama dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Makassar (Basarnas).

Kepala Pelaksana BPBD, dr Muhammad Rusly dalam rilisnya mengungkapkan, indeks risiko bencana menempatkan Kota Makassar dengan kategori risiko tinggi terhadap bencana.

"Kita tidak tahu kapan dan dimana bencana itu akan datang mengancam kita semua. Personil BPBD dan potensi SAR dituntut untuk selalu waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana," kata Muhammad Rusly saat upacara pelepasan peserta di halaman kantor BPBD Kota Makassar, Kamis (21/11/2019).

Untuk itu, menurutnya pentingnya dimiliki pemahaman dan kompetensi personil dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana (PB).

"Salah satu tugas dan fungsi BPBD jika terjadi bencana adalah melakukan evakuasi dan penyelematan," ujarnya.

Lanjut dia, kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman personil PB dalam pola koordinasi dan komunikasi dalam kegiatan penanganan keadaan darurat bencana.

Ketua panitia penyelenggara, Nurhidayat Sukardin mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama 14 hari hingga tanggal 4 Desember tersebut diikuti 50 peserta.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan personil BPBD dan Potensi SAR dalam melakukan evakuasi dan penyelamatan jika terjadi bencana," kata Nurhidayat.

Dia menjelaskan, selama 14 hari peserta akan mengikuti materi terkait evakuasi dan penyelamatan yang mengacu ke kurikulum Basarnas dalam pelaksanaan latihan dasar SAR.

"Peserta akan mengikuti materi ruangan di Growth Centre Kopertis Wilayah IX Makassar, pembinaan jasmani dan pelatihan alam bebas di gunung dan pantai,"ujarnya.

Penulis: Muslimin Emba
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved