RILIS

Membanggakan! Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar Juara Position Paper di Sidang PBB

Membanggakan! Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar Juara Position Paper di Sidang PBB

Membanggakan! Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar Juara Position Paper di Sidang PBB
Dok SMA Islam Athirah
Zhafirah Alda Nizaroh (17), siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar yang dinobatkan sebagai juara Position Paper di bidang Disarmament and International Security (DISEC) pada simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bertajuk Asia World Model United Nations (AWMUN) III . Kegiatan yang dilaksanakan oleh International Global Network itu digelar di Bali pada 13-16 November lalu dengan melibatkan ratusan delegasi dari negara-negara di dunia. 

Membanggakan! Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar Juara Position Paper di Sidang PBB

Zhafirah Alda Nizaroh (17), siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar yang dinobatkan sebagai juara Position Paper di bidang Disarmament and International Security (DISEC) pada simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bertajuk Asia World Model United Nations (AWMUN) III . Kegiatan yang dilaksanakan oleh International Global Network itu digelar di Bali pada 13-16 November lalu dengan melibatkan ratusan delegasi dari negara-negara di dunia.

Fira (sapaan Zhafirah) bersama 69 orang delegasi lainnya yang tergabung dalam kelompok DISEC diharuskan menulis esai sesuai nama atau tema kelompoknya, tentang angkatan bersenjata dan keamanan internasional. Fira menyusun esainya dengan judul Role of Private Military Company (PMC) in War Zone. Dalam esainya Fira menjabarkan peran perusahaan swasta yang menyediakan bantuan militer di daerah konflik bersenjata dengan status hukum yang belum jelas oleh International Humanitary Law.

Setelah diseleksi panitia, ditetapkan 10 karya esai terbaik yang disebut sebagai position paper. Sepuluh karya tersebut kemudian dipresentasikan oleh penulis, esai yang ditulis Fira terpilih sebagai esai terbaik. Perasaan haru pun menyelimuti Fira, ia mengaku bersyukur dan senang dapat menjadi yang terbaik dalam kelompok Disarmament and International Security (DISEC) pada simulasi sidang PBB itu.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur, senang dan tentunya terharu dinobatkan sebagai position paper. Ini tidak mudah, tapi hasilnya mengalahkan lelah saya” ujar Fira saat ditemui di kelasnya.

Fira yang saat ini duduk di kelas XII IPS mengaku kagum dengan pelaksanaan AWMUN III. Ia mengungkapkan bahwa delegasi dari berbagai negara itu membawa budayanya masing-masing, dari situ ia belajar indahnya perbedaan.

“Kita belajar menghargai perbedaan, saya punya banyak teman dari berbagai negara, bahkan ada negara yang baru saya tahu namanya” ceritanya sambil berkelakar.

Kesuksesan Fira pada ajang AWMUN III ini pun menuai banyak pujian, di antaranya datang dari Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd. Tawakkal memuji Fira yang berkompetisi hingga ke kancah internasional. Ia pun berharap siswa lain dapat meniru prestasi membanggakan tersebut.

“Selamat untuk Fira yang telah membawa nama negara dan sekolah kita di kancah internasional, yang telah memberikan buah pikirannya untuk solusi masalah-masalah internasional” ujar Tawakkal.

“Semoga ke depan lahir Fira yang lain yang dapat mengharumkan nama Indonesia pada umumnya dan Sekolah Islam Athirah pada khususnya” lanjutnya.

Selain itu, pujian juga dilontarkan Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah, Mas Aman Uppi, S.Pd., M.Pd. Pihaknya juga mengapresiasi keberhasilan Fira, ia berharap Fira tetap menghasilkan karya-karya terbaiknya.

“Selamat atas keberhasilan ananda Fira, suatu kebanggaan tersendiri untuk kami dan ananda Fira. Kami sangat mengapresiasi, semoga bisa ditingkatkan lagi tulisannya yang dapat dinikmati masyarakat” sebut Aman via whatsapp.

Penulis: Sukri Muhammad (HUMAS ATHIRAH)

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved