Renovasi Stadion Mattoanging

YOSS Ragu Gubernur Nurdin Abdullah Serius Renovasi Stadion Mattoanging, Rp 200 M hanya untuk Memoles

Bagi pemprov, anggaran Rp 200 miliar itu sudah cukup untuk mengubah Stadion Mattoanging dari “yang tidak lolos standar AFC menjadi berstandar FIFA”

YOSS Ragu Gubernur Nurdin Abdullah Serius Renovasi Stadion Mattoanging, Rp 200 M hanya untuk Memoles
abdiwan/tribuntimur.com
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memasang patok dan papan bicara tertulis kepemilikan untuk Stadion Mattoanging, di Jl Cendrawasih, kota Makassar, Selasa (10/9/2019). Pemasangan patok dan papan bicara ini, setelah diterbitkan SK pengembalian pengelolaan Stadion Mattoanging dari YOSS ke KONI 

Renovasi Stadion Mattoanging untuk mewujudkan stadion berstandar FIFA. Pemprov Sulsel akan mengadakan rumput sesuai standar, lampu sorot, penataan tribun tertutup, toilet, kantor manajemen (official), ruang rapat, kursi tunggal, serta item lainnya

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Bukan hanya kepemilikan Stadion Mattoanging yang bersoal. Pihak Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) juga meragukan keseriusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel merenovasi Stadion Mattoanging.

Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah menegaskan, Pemprov Sulsel segera renovasi Stadion Mattoanging. Dia bertekad menjadikan Stadion Mattoanging Makassar berstandar FIFA.

Gubernur Nurdin Abdullah mengatakan, dirinya tidak setengah-setengah merenovasi markas PSM Makassar, Stadion Mattoanging.

“Saya tidak tidak setengah-setengah membangun stadion ini. Stadion Mattoanging ini harus menjadi ikon Sulawesi Selatan. Saya tidak setengah-setengah membangun Stadion Mattoanging. Buktinya, kita siap gelontorkan anggaran Rp 200 miliar untuk itu,” jelas Nurdin Abdullah (NA) di Makassar, Jumat (15/11/2019).

Spanduk yang terbentang di area luar Stadion Mattoanging Makassar, dan tertulis sembilan kuasa hukum dari pihak YOSS.
Spanduk yang terbentang di area luar Stadion Mattoanging Makassar, dan tertulis sembilan kuasa hukum dari pihak YOSS. (TRIBUN TIMUR/WAHYU SUSANTO)

Tapi Ketua Pembina YOSS Andi Ilhamsyah Mattalatta, tidak yakin. Menurut Puang Il, sapaan Andi Ilhamsyah Mattalatta, dana Rp 200 miliar hanya cukup untuk memoles tubuh Stadion Mattoanging.

“Anggaran Rp 200 miliar itu hanya untuk memoles tubuh stadion. Mattoanging ini dibangun tujuannya multisport, bukan hanya sepak bola saja. Kan ada kolam renang, GOR. Banyak cabor yang ada di dalamnya bisa pakai. Mestinya, kalau mau renovasi, secara menyeluruhlah," jelas Puang Il, yang juga Ketua DPD Partai Hanura Sulsel.

Bagi pemprov, anggaran Rp 200 miliar itu sudah cukup untuk mengubah Stadion Mattoanging dari “yang tidak lolos standar AFC menjadi berstandar FIFA”.

Kadispora Sulsel, Andi Arwin Azis, menegaskan, renovasi Stadion Mattoanging merupakan prioritas pembangunan dari Gubernur Sulsel di tahun anggaran 2020.

"Alokasinya cukup besar, Rp 200 miliar. Itu kita alokasikan ke sana semua (Stadion Mattoanging). Anggaran Rp 200 miliar akan dimaksimalkan untuk mengubah Stadion Mattoanging menjadi stadion yang bertaraf internasional,” jata Arwin.

Ketua DPD Partai Hanura Sulsel Andi Ilhamsyah Mattalatta
Ketua DPD Partai Hanura Sulsel Andi Ilhamsyah Mattalatta (Abd Azis/Tribun Timur)

Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Muhlis Mallajareng, mengatakan, pemprov mendatangkan tim khusus dari Jakarta untuk mendandani salah satu stadion tertua di Indonesia ini.

Dispora Sulsel memastikan, Stadion Mattoanging akan direnovasi sesuai konsep stadion berstandar Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

"Yang saya ketahui, konsep konstruksinya itu berstandar FIFA," ujar Muhlis, kemarin.

Muhlis Mallajareng, Dispora Sulsel
Muhlis Mallajareng, Dispora Sulsel (Ilham Mulyawan/Tribun Timur)

Dia menjelaskan, untuk mewujudkan stadion berstandar FIFA, Pemprov Sulsel akan mengadakan rumput sesuai standar, lampu sorot, penataan tribun tertutup, toilet, kantor manajemen (official), ruang rapat, kursi tunggal, serta item lainnya.(*)

BACA SELENGKAPNYA DI TRIBUN TIMUR CETAK EDISI JUMAT, 15 NOVEMBER 2019

Editor: AS Kambie
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved