Teliti Kemampuan Membaca Puisi Siswa SD, Mansyur Suma Raih Doktor di PPs UNM

Teliti Kemampuan Membaca Puisi Siswa SD, Mansyur Suma Raih Doktor di PPs UNM

PPs UNM
Dosen Fakultas Dakwa dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Mansyur Suma meraih gelar doktor dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia, di Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin (11/11/2019). (PPs UNM) 

Teliti Kemampuan Membaca Puisi Siswa SD, Mansyur Suma Raih Doktor di PPs UNM

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dosen Fakultas Dakwa dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Mansyur Suma meraih gelar doktor dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia, di Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin (11/11/2019).

Gelar diraih setelah Ia mampu mempertahankan hasil desertasinya terkait kemampuan membaca puisi siswa sekolah dasar.

Mansyur Suma berhasil meraih gelar doktor dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,29.

 RESMI DIBUKA Pendaftaran CPNS 2019 Cek Syarat & Dokumen SMA SMK Sederajat, Kemenkumham 3.532 Formasi

 Diskon Super Gila-gilaan 11-11, Bukalapak Tawarkan Barang Rp 11 hingga Diskon 90 Persen

 Link Resmi Pendaftaran CPNS 2019 di sscasn.bkn.go.id: Panduan & Tata Cara Daftar, 6 Dokumen Wajib

Penelitian Mansyur Suma sendiri dipaparkan dalam sidang promosi doktor yang dipimpin oleh Wakil Direktur bidang kerjasama dan publikasi PPs UNM, Prof Anshari.

Dalam sidang promosi tersebut, Mansyur Suma menjelaskan hasil temuannya yang ditulis dalam desertasi dengan judul Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas IV SD Bontokamase Kabupaten Kabupaten Gowa.

Menurutnya penelitiannya tersebut menggunakan metode kualitatif deskriptif karena dinilai lebih sesuai dengan permasalahan yang diangkat.

"Dengan metode ini memudahkan saya dalam mengidentifikasi dan menjelaskan permasalahan yang ada," tuturnya dalam rilis yang diterima Tribun Timur.

Mansyur Suma yang mulai resmi menjadi dosen UIN Alauddin Makassar pada 2017 ini menjelaskan, tujuan dari penelitiannya tersebut adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca puisi siswa SD pada sekolah yang diteliti.

"Ada beberapa aspek yang saya teliti, seperti dalam melafalkan larik, mengintonasikan kata, menggunakan gestur, dan mengekspresikan atau menghayati," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved