RILIS

Musim Kemarau, Kementan Salurkan Pompa Air dan Sumur Suntik

Kementerian Pertanian RI ( Kementan ) melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menyalurkan bantuan pompa air

Musim Kemarau, Kementan Salurkan Pompa Air dan Sumur Suntik - sawah-yang-mengalami-kekeringan-1-7102019.jpg
DOK KEMENTAN RI
Musim Kemarau, Kementan Salurkan Pompa Air dan Sumur Suntik - sawah-yang-mengalami-kekeringan-2-7102019.jpg
DOK KEMENTAN RI
Musim Kemarau, Kementan Salurkan Pompa Air dan Sumur Suntik - sawah-yang-mengalami-kekeringan-3-7102019.jpg
DOK KEMENTAN RI

TRIBUN-TIMUR.COM - Kementerian Pertanian RI ( Kementan ) melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menyalurkan bantuan pompa air dan sumur suntik kepada petani agar tetap tanam padi pada musim kemarau.

Dengan demikian, musim Kemarau tidak menjadi hambatan untuk mengoptimalkan tanam padi di daerah sentra produksi.

Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementan, Edy Purnawan mengungkapkan, bantuan pompa ini diberikan kepada kelompok tani dan brigade alat mesin pertanian yang ada di dinas kabupaten/provinsi.

Ukurannya beragam mulai dari 2 inch sampai 6 inch, tergantung kebutuhan di lapangan.

"Harapannya, dengan bantuan ini, wilayah-wilayah yang masih ada sumber air, namun tidak ada atau kekurangan pompa tetap dapat bertanam padi dengan menyedot air dari sumber air terdekat," kata Edy Purnawan di Jakarta, Minggu (6/10/2019), sebagaimana rilis Kementan kepada Tribun-Timur.com.

Selain bantuan pompa, lanjut Edy Purnawan, Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan Kementan juga mengalokasikan sarana pembuatan sumur suntik dan bantuan selang.

Baca: Dorong Petani Ke Industri Pangan, Kementan Bentuk SP3T

Lahan kering dioptimalkan tanam di provinsi prioritas meliputi Aceh, Sumut, Sumbar, Jambi, Sumsel, Lampung, Jabar, Jateng, Jatim, Banten, Kaltim, Kalsel, Kalteng, Sulut, Sulteng,  dan Sulsel.

"Tujuanya agar tetap bisa tanam di musim kemarau di Jateng, Jabar, Jatim, Sulsel dan Banten. Kementan menyiapkan bantuan pompa sebanyak 1800 unit," tuturnya.

Namun demikian, Edy Purnawan menekankan program Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan Kementan dalam penanganan dampak perubahan iklim, tidak hanya terbatas pada kegiatan-kegiatan tersebut di atas.

Ada kegiatan Demonstrasi Area Penanganan Dampak Perubahan Iklim (DPI) dan Penerapan Penanganan DPI sebagai upaya mengurangi kerusakan akibat DPI sehingga diharapkan bantuan tersebut dapat terus dimanfaatkan di setiap musim tanam berikutnya.

Halaman
123
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved