Dorong Petani Ke Industri Pangan, Kementan Bentuk SP3T

Dengan demikian, SP3T ini merupakan upaya Kementan dalam penanganan pascapanen yang lebih baik.

Dorong Petani Ke Industri Pangan, Kementan Bentuk SP3T
Humas Kementan
Kementerian Pertanian (Kementan) telah membentuk Sentra Pelayanan Pertanian Terpadu (SP3T) sebagai sarana yang menampung dan memasarkan hasil panen petani. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) telah membentuk Sentra Pelayanan Pertanian Terpadu (SP3T) sebagai sarana yang menampung dan memasarkan hasil panen petani.

Dengan demikian, SP3T ini merupakan upaya Kementan dalam penanganan pascapanen yang lebih baik.

Seperti haknya di Ciamis, Kerjasama antara SP3T Sukasari Kabupaten Ciamis dengan pihak Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) terjalin baik.

Hasilnya, pada saat harga gabah di pasaran melampaui Harga Pembelian Pemerintah (HPP) serta gudang Perum Bulog tak mampu menampung lantaran penuh.

Pihak SP3T Sukasari Ciamis bisa segera memasok sebanyak 210 ton beras bantuan pangan non tunai (BPNT), kepada pihak Kementerian Sosial melalui Perum Bulog.

Menurut Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Budiawan, ada kewajiban SP3T Darma Usaha Sukasari Ciamis untuk mengumpulkan gabah sebagai cadangan nasional.

Khusus untuk kebutuhan BPNT saat ini kembali dipegang oleh pihak Perum Bulog setelah sebelumnya bisa semua pihak yang langsung memasok ke Kementerian Sosial.

Kalau untuk memenuhi kebutuhan Bulog masih yang standar premium  dengan harga Rp 8.800 per kilogram (kg).

"Pada 2018 para petani di Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis mendapat bantuan fasilitas  alsintan berupa alat pemisah warna beras (color sorter, red). Sebab, beras premium terlihat putih mulus  tidak ada campuran warna lain, seperti kuning apalagi warna hitam," ujarnya di Ciamis, Minggu (6/10/2019).

Melalui mesin tersebut permintaan pasar atau konsumen bisa dilayani.

Halaman
1234
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved