Pilkada Serentak 2020 Resmi Diluncurkan, Komisioner KPU Sulbar Pimpin Konsolnas

Peluncuran yang dihadiri lebih tiga ribu anggota KPU se Indonesia tersebut merupakan rangkaian pelaksanaan Konsolidasi Nasional ( Konsolnas ) pasca pe

Pilkada Serentak 2020 Resmi Diluncurkan, Komisioner KPU Sulbar Pimpin Konsolnas
Humas KPU Sul
Peluncuran Pilkada serentak 2020 dan Konsolnas KPU se Indonesia di Aula JCC Jakarat, Senin (23/9/2019) kemarin. 

TRIBUN-TIMUR.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Republik Indonesia secara resmi meluncurkan pemilihan kepala daerah ( Pilkada ) serentak 2020 di Jakarta, Senin (23/9/2019).

Peluncuran yang dihadiri lebih tiga ribu anggota KPU se Indonesia tersebut merupakan rangkaian pelaksanaan Konsolidasi Nasional ( Konsolnas ) pasca pemilu 2019 dan menyongsong Pilkada 2020.

Acara peluncuran secara resmi Pilkada 2020 berlansung di aula JCC Senayan Jakarta tersebut dipimpin ketua KPU RI, Arief Budiman didampingi anggota KPU RI lainnya bersama sekjen KPU RI.

BREAKING NEWS: Enam Unit Watercanon Polda Sulsel Siaga di Jl Urip Sumoharjo, Ada Apa?

Foto-foto Suami Nella Kharisma, Pria yang Masih Setia Tabuh Gendang Padahal Istrinya Dapat Miliaran

BREAKING NEWS: Sejumlah Rumah Warga di Borongtala Jeneponto Terbakar

Bukan Lengserkan Presiden Jokowi, Inilah Tuntutan Sebenarnya dari Aksi Mahasiswa di Senayan DPR RI

Disperindag Gowa Turun Gelar Operasi Atasi Kelangkaan Elpiji di 3 Kecamatan

Ketua KPU RI, Arief Budiman menyampaikan diacara tersebut, kesuksesan pelaksanaan pemilu serentak 2019 menjadi modal berharga bagi target kesuksesan pilkada 2020.

"Penyelenggara ( KPU,) harus mampu meningkatkan kesuksesan di Pilkada 2020 yang telah dicapai di pemilu 2019, antara lain partisipasi pemilih, penanganan sengketa pasca pemilihan," kata Arief dalam rilis KPU Sulbar yang diterima Tribun-Timur.com, Selasa (24/9/2019).

Ia menjelaskan, partisipasi pemilih pemilu 2019 mencapai 81 persen, jumlah sengketa pasca pemilihan juga menurun dibanding pemilu sebelumnya.
Pada pemilu 2014, jumlah sengketa mencapai 900 sengketa, namun di pemilu 2019, jumlah sengketa menurun menjadi 350 perkara.

Hadir dalam peluncuran secara resmi pilkada tersebut, Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua Bawaslu Abhan, DKPP, KPK, serta 3036 orang anggota KPU seluruh provinsi dan kabupaten / kota se Indonesia, termasuk di dalamnya KPU Sulbar dan enam KPU kabupaten se provinsi Sulawesi Barat.

Diacara tersebut, Menteri Tjahjo Kumolo memberikan tanggapan atas belum tertanda tanganinya NPHD untuk pendanaan pilkada di sejumlah daerah penyelenggara pilkada 2020.

"Terkait NPHD, saya minta KPU terus melakukan komunikasi intensif dengan pemerintah di daerah agar pelaksanaan pilkada berjalan sukses," kata Tjahjo.

Pilkada 2020, akan berlangsung di sembilan provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Di Sulbar, pilkada akan digelar di empat kabupaten yakni, Mamuju, Majene, Mamuju Tengah dan kabupaten Pasangkayu.

Peluncuran Pilkada serentak 2020 dan Konsolnas KPU se Indonesia di Aula JCC Jakarat, Senin (23/9/2019) kemarin.
Peluncuran Pilkada serentak 2020 dan Konsolnas KPU se Indonesia di Aula JCC Jakarat, Senin (23/9/2019) kemarin. (Humas KPU Sulbar)
Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved