Bersama Babinsa, Warga Desa Topanda Bulukumba Benahi Dam Parit

Pembangunan dam parit tersebut, untuk mengantisipasi terjadinya gagal panen akibat kekeringan yang melanda desa tersebut.

Bersama Babinsa, Warga Desa Topanda Bulukumba Benahi Dam Parit
firki/tribunbulukumba.com
Bintara Pembina Desa (Babinsa) 1411-02 Bulukumpa, Serma Syamsuddin, turun bersama warga Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale, melakukan perbaikan dam parit. 

TRIBUNBULUKUMBA.COM, RILAU ALE - Bintara Pembina Desa (Babinsa) 1411-02 Bulukumpa, Serma Syamsuddin, turun bersama warga Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale, melakukan perbaikan dam parit.

Pembangunan dam parit tersebut, untuk mengantisipasi terjadinya gagal panen akibat kekeringan yang melanda desa tersebut.

Menurut Serma Syamsuddin, Kamis (8/8/2019), dalam mewujudkan program swasembada pangan yang telah diprogramkan oleh pemerintah selama ini, maka semua pihak haruslah turut serta dalam membantu setiap kendala yang dihadapi oleh petani di lapangan.

Seperti misalnya masalah kekeringan karna kuranganya suplai air ini.

"Dukungan prajurit TNI ini bertujuan menyikapi program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan," kata Serma Syamsuddin.

Sekadar diketahui, berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DKPHP), di kecamatan ini terdapat 35.35 hektare lahan persawahan yang mengalami kekeringan ringan.

Kekeringan sedang seluas 23.00 hektare dan kekeringan berat seluas 18.00 hektare.

"Sekarang kita telah bentuk tim pemantau dampak fenomena iklim kekeringan dalam bentuk brigade," jelas Kadis DKPHP, Harun.

Saat ini, sebanyak 95 dari total 145 unit pompa air, sudah dikerahkan untuk pemulihan kondisi tanaman.

Pihaknya, lanjut Harun, juga tengah fokus melakukan identifikasi terkait potensi pembangunan sumur bor, dam parit ataupun embung. (TribunBulukumba.com)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Firki Arisandi, IG: @arisandifirki

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved