VIDEO:Memanfaatkan Sampah Plastik, Ini yang Dilakukan Sahabat Lingkungan Tana Toraja

Pasalnya, dalam setiap kegiatan yang dihelat baik itu Rambu Tuka' dan Rambu Solo' dominan membutuhkan dan memerlukan banyak bahan yang terbuat dari pl

TRIBUNTORAJA.COM,MAKALE--Tahun 2019 volume limbah plastik di Kabupaten Tana Toraja mengalami peningkatan, Jumat (19/7/2019).

Hal itu diungkapakan oleh pemerhati lingkungan asal Lemo, Tana Toraja, Yuliana Bubun Rantetau.

Daihatsu Tawarkan Berbagai Proma di GIIAS 2019

Lengkap Daftar Promo Ditawarkan Mitsubishi di GIIAS 2019, Gratis Voucher Belanja Senilai Rp 5 Juta

Jelang Kasal Cup Tim Dayung Lantamal VI Latihan di Laut

Jelang Kasal Cup Tim Dayung Lantamal VI Latihan di Laut

Foto Nikita Mirzani Ini Buat Netizen Malah Perhatikan Benda Dibelakang Anaknya,Biar Nyinyir Ternyata

Menurutnya, berbagai kegiatan yang digelar di Kabupaten Tana Toraja menjadi faktor penyebab meningkatnya limbah plastik.

Yulina menyebutkan, kegiatan Rambu Tuka' (syukuran) dan Rambu Solo' (kematian) salah satu sumber terbesar munculnya limbah plastik.

Pasalnya, dalam setiap kegiatan yang dihelat baik itu Rambu Tuka' dan Rambu Solo' dominan membutuhkan dan memerlukan banyak bahan yang terbuat dari plastik.

"Tanpa masyarakat sadari, kebutuhan dalam setiap kegiatan dominan menggunakan bahan dari plastik seperti air mineral," ucapnya.

Tak hanya itu, wanita yang akrab disapa Yuliana ini juga menyayangkan atas tindakan sejumlah masyarakat Tana Toraja yang masih saja membuang sampah ke Salu (Sungai) Sa'dan.

"Salu Sa'dan merupakan penyangga air di Sulawesi Selatan, kalau sampah di buang ke sungai akan terbawa ke laut bahkan akan berdampak ke sektor pertanian," tegasnya.

Di Tana Toraja, lanjutnya, sampah hanya sekedar pengumpulan dan pengangkutan."Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) semakin hari, sampah kian menumpuk," ucap Yuliana Bubun.

Oleh karna itu, melalui inovasi yang diberi nama Sahabat Lingkungan, Yuliana mendirikan tempat pengelolaan sampah limbah plastik yang bertujuan untuk mengelola limbah plastik menjadi bahan daur ulang.

Halaman
12
Penulis: Tommy Paseru
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved