Rektor UNM Larang Penggunaan Kemasan Plastik, Begini Respon Mahasiswa

Saat dikonfirmasi Tribun Timur, Jumat (12/7/2019), Kepala Humas UNM, Burhanuddin membenarkan hal tersebut.

Rektor UNM Larang Penggunaan Kemasan Plastik, Begini Respon Mahasiswa
sukmawati/tribun-timur.com
Suasana Kampus FIP UNM, Jumat (12/7/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Dr Husain Syam, mengedarkan surat penyampaian kepada civitas akademik tentang larangan penggunaan kemasan plastik sekali pakai.

Hal ini dalam rangka menindak lanjuti Instruksi Menristekdikti No 1/M/INS/2019 tentang larangan penggunaan Kemasan Air Minum Berbahan Plastik Sekali Pakai Atau Kantong Plastik.

Saat dikonfirmasi Tribun Timur, Jumat (12/7/2019), Kepala Humas UNM, Burhanuddin membenarkan hal tersebut.

Bur mengatakan, berdasarkan kebijakan Menristekdikti, Rektor UNM segera mengedarkan surat penyampaian dengan nomor 6518/UN36/TU/2019 yang ditujukan kepada Wakil Rektor, Pimpinan PPS, Dekan, Kepala Bagian, Kepala UPT dan Kepala Biro se UNM.

Ia sendiri sebagai bagian dari UNM menyambut antusias kebijakan tersebut.

Menurutnya hal bagian dari respon terhadap edaran Menristekdikti sekaligus bentuk kepedulian Rektor dari segi kesehatan.

"Alhamdulillah, sangat setuju dengan edaran penyampaian Rektor tentang larangan penggunaan kemasan air mineral dalam lingkup UNM. Ini salah satu kepedulian beliau dari segi kesehatan," katanya pada Tribun Timur, Jumat (12/7/2019).

Lebih lanjut, Bur menjelaskan larangan ini berdampak baik untuk kesehatan. Namun belum menyadari kalau air mineral menyerap bahan kimia dapat menyebabkan kanker.

"Parahnya lagi, air mineral penyumbang sampah plastik terbesar dan termasuk jenis sampah yg tidak bisa didaur ulang," jelasnya.

Dengan demikian, Bur pun berupaya mulai dari sendiri untuk perlahan menggunakan kemasan plastik.

Halaman
12
Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved