Prof Tjipta Lesmana: Menteri Amran Sulaiman Peka Terhadap Bencana Nasional

Masih banyak contoh lagi. Pendek kata saya nilai Pak Amran Menteri yang selalu peka dan langsung terjun berikan bantuan kepada rakyat.

Prof Tjipta Lesmana: Menteri Amran Sulaiman Peka Terhadap Bencana Nasional
Kementerian Pertanian
Menteri Pertanian A Amran Sulaiman memberi bantuan bibit ke petani Soppeng 

TRIBUN TIMUR.COM, JAKARTA-Pengamat masalah Ketahanan Pangan, Prof Tjipta Lesmana menyayangkan adanya pengamat yang berpandangan bahwa Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman hanya mengedepankan bantuan kemanusiaan atau bencana yang melanda daerah Sulawesi.

Sementara itu, masih ada juga satu politisi yang berpandangan keliru seperti itu.

Selain Gandeng Nissa Sabyan dan Ustad Maulana, BYMS di Palu Hadirkan Promo dan Diskon Menarik

Persentase Kuota PPDB SMP di Makassar Berubah, Jalur Zonasi Berkurang

"Itu adalah pendapat yang ngawur. Sebab menurut pengamatan saya, Mentan Amran sejauh ini selalu merespon semua bencana nasional yang ada di seluruh wilayah Indonesia, antara lain Lombok, Sulteng, Banten dan Lampung," kata Prof Tjipta Lesmana. 

Ia hadir dengan cepat untuk menyalurkan bantuan. Waktu Lombok dihantam bencana 2018, Mentan beserta mitranya menyalurkan bantuan lebih dari Rp 10 miliar, demikian dikatakan Prof. Tjipta di Jakarta, Sabtu (22/6/2019), Hal tersebut disampaikan guna menanggapi pernyataan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPW), Ujang Komarudin.

Ada diskriminasi dalam penyaluran bantuan untuk publik yg kena musibah oleh Amran? "Saya tidak lihat itu," tegas Prof Tjipta.

Nyatanya, jelasnya, Kementan menyalurkan juga bantuan kemanusiaan bagi korban bencana Donggala dan Tsunami Palu yang terjadi pada September 2018. Kementan mengirimkan 500 truk bantuan logistik senilai sekitar 20 miliar kepada para korban tersebut.

"Masih banyak contoh lagi. Pendek kata saya nilai Pak Amran Menteri yang selalu peka dan langsung terjun berikan bantuan kepada rakyat kita yang kena musibah apa pun," tutur Prof Tjipta.

Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) pun ikut memberikan apresiasi terhadap Kementan yang begitu peka dan nyata membantu bencana alam di berbagai daerah. Lihat saja, dari bencana gempa Lombok, bencana Palu, Tsunami Banten-Lampung dan baru-baru ini bencana banjir di Sultra dan Sulsel diberikan bantuan pangan, sembako, prasarana dan sarana pertanian.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberi bantuan bibit benih kepada warga di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberi bantuan bibit benih kepada warga di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. (Dok. Kementerian Pertanian)

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberi bantuan bibit benih kepada warga di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. (Dok. Kementerian Pertanian)
"Kemarin di Sulsel, saya lihat langsung penyalurana bantuan ke korban banjir. Bersama mitranya, Kementan bergerak cepat," terang Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Agraris dan Kemaritiman, Pri Menix Dey.

Oleh karena itu, ia meminta pengamat abal-abal jangan sembarang bicara, tapi harus ikuti perkembangan. Politisi harus tahu duduk masalahnya, lihat permasalahanya. Bantuan Kementan bersama mitranya itu akuntabel dan transparan, diserahkan langsung ke posko bencana

Halaman
12
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved