CITIZEN REPORT

Setelah Banjir, Lapar dan Lumpur Landa Konawe

Laporan Tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur’an Cabang Makassar di lokasi bencana banjir yang landa Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara

Setelah Banjir, Lapar dan Lumpur Landa Konawe
Dokumen PPPA Daarul Qur'an
Tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur’an Cabang Makassar mengunjungi lokasi bencana banjir yang menimpa Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (18/6/2019). 

Chandra Ramis
Koordinator Program PPPA Makassar
Melaporkan dari Konawe

Tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur’an Cabang Makassar mengunjungi lokasi bencana banjir yang menimpa Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Pada kunjungan ini, kami bertemu Pak Amrin (53), kepala keluarga yang mengungsi bersama istri, 3 anak, dan 7 cucunya. Rumahnya di Desa Wanggudu, Kecamatan Asera, Konawe telah ambruk terseret banjir.

Pun hanya sekitar seperempat dari harta bendanya yang bisa diselamatkan.

“Belum selesai beres-beres rumah bagian depan udah ambruk. Ini saya punya istri udah gelisah soalnya tembok depan udah roboh. Saya langsung keluar dan hampir kejatuhan tiang. Kondisi air sudah sekitar 2 meter,” terang Pak Amrin menceritakan detail tragedi banjir yang menyeret rumahnya hingga ambruk.

Banjir bandang dengan arus yang kuat menyeret seluruh rumahnya. Seluruh anggota keluarganya sibuk berlarian menyelamatkan dir bersama para warga.

OPINI - Janganko Kasih Nyala Blish-nya “Antara Teori Lama dan Praktik Baru”

Beberapa warga yang belum sempat menyelamatkan diri harus dievakuasi dengan menggunakan sampan.

“Ya begitu, pas habis kita lari menyelamatkan diri, rumah kami semuanya hanyut. Makanya saya bingung, dan cuman bisa menunggu rumah baru,” jawab Pak Amrin sembari melihat puing-puing bangunan yang berserkan bersama lumpur basah.

Laki-laki paruh baya yang sehari-harinya bergantung dari upah hasil menjadi buruh tukang kayu hanya bisa berpasrah dengan harapan besarnya untuk memiliki rumah baru lagi.

Juga berharap agar bisa kembali beraktivitas untuk memulihkan kembali seluruh kebutuhan hidup keluarga besarnya.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Jumadi Mappanganro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved