Dua Satker Kemenkum HAM Sulbar Lolos Zona Integritas WBK

Dua satuan kerja Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, lolos Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK).

Dua Satker Kemenkum HAM Sulbar Lolos Zona Integritas WBK
TRIBUN TIMUR/NURHADI
Jajaran Satket Kemenkum HAM rapat membahas agenda menuju zona integritas WBK. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Dua satuan kerja Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, lolos Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK).

Dua Satker tersebut yakni kantor Wilayah Hukum dan HAM dan Kantor Imigrasi Mamuju.

Dinyatakan lolos, kata Kepala Kanwil Hukum dan HAM, Harun Sulianto, setelah dilakukan penilaian oleh Tim Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI di Jakarta beberapa waktu lalu.

Baca: VIDEO: Ini yang Akan Dilakukan Hatta Kainang Setelah Dilantik di DPRD Sulbar

Baca: Mobil Terjun ke Sawah di Polman Ternyata Dikemudian Caleg DPRD Sulbar Terpilih, Siapa Dia?

Baca: TRIBUNWIKI: Tiga Kali Gagal di DPRD Majene, Dalif Arsyad Justru Terpilih di DPRD Sulbar

Predikat Zona Integritas (ZI) diberikan kepada instansi pemerintah yang berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) melalui Reformasi Birokrasi, Pencegahan KKN, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Berdasarkan penilaian Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI, kantor wilayah mendapat nilai 94.70, dan Kantor Imigrasi Mamuju mendapat nilai 91.80" kata Harus kepada wartawan di Mamuju, Selasa (12/6/2019).

Sebelumnya, sambung Harun, pihak Kanwil Kemenkum HAM sudah mengusulkan beberapa satker yaitu, dua kantor Imigrasi, dua Rutan, dua Lapas, tetapi yang lolos hanya dua satuan kerja saja.

"Terhadap yang belum berhasil, akan tetap diadakan pembinaan oleh Kantor Wilayah,"ucap Harun.

Saat ini, lanjutnya, usulan satker menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) bagi Kantor Wilayah dan Kantor Imigrasi Mamuju sedang proses pengusulan ke Kementerian PAN RB oleh Kumham Pusat.

"Dari 33 Kanwil hanya 19 yang berhasil lolos, termasuk Sulawesi Barat, dan dari 104 Kantor Imigrasi yang lolos hanya 34 Satker, termasuk Kantor Imigrasi Mamuju,"ujarnya.

Kata harun, adapun unsur yang menjadi penilaian dalam Zona Integritas meliputi enan komponen pengungkit dan dua komponen hasil.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved